Test Drive Toyota Avanza Veloz Terbaru: Duduk di Balik Kemudi MPV Kok Berasa Sedan

Otomotif | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 10:57
Test Drive Toyota Avanza Veloz Terbaru: Duduk di Balik Kemudi MPV Kok Berasa Sedan

JAKARTA, iNews.id - Toyota Avanza dan Veloz generasi terbaru telah meluncur dan hadir dalam pameran otomotif GIIAS 2021 di ICE BSD City, Tangerang, pada 11-21 November 2021. Mobil sejuta umat ini berubah 180 derajat, baik dari segi tampilan, fitur, teknologi maupun mesin.

Banyak yang penasaran apakah perubahan pada mobil ini memberikan rasa berbeda dalam berkendara dari model sebelumnya, baik penumpang maupun pengemudi. Di sela-sela pameran GIIAS 2021, jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan menjajal Toyota Veloz, tipe tertinggi Avanza.

Rute yang ditempuh adalah kawasan BSD City dengan karakter jalan perkotaan dan kawasan hunian selama 30 menit.

Kesan pertama begitu membuka pintu, interior mobil ini benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya. Demikian pula saat duduk di balik kemudi, berasa bukan berada di MPV Avanza biasanya. Posisi kursi lebih pendek seperti duduk di atas sedan atau city car.

Begitu pintu ditutup dan mesin dinyalakan terasa senyap. Menggunakan platform baru Front Engine Front Wheel Drive (FF) baru (menggantikan sistem penggerak roda belakang generasi sebelumnya) dipadukan New Developed Suspension, membuat All New Veloz terasa lebih stabil dan empuk.

Untuk sistem kemudi (setir) telah menggunakan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch, memudahkan pengaturan posisi kemudi. Terdapat pula tombol audio, dan MID melalui sentuhan pada lingkar kemudi serta dilengkapi pilihan Drive Mode Switch (Q CVT).

Untuk panel adometer sudah full digital, New Advanced 7 Inch Digital TFT MID memastikan semua informasi disajikan dengan visual lebih modern.

Untuk sistem infotainment dikemas dalam New Integrated 9 Inch Head Unit dengan Advanced Smartphone Connectivity. Ada fitur unik, head unit tersebut juga memberikan informasi hari ganjil atau genap.

Pada Veloz terdapat Wireless Charger di konsol tengah dan New Electric Parking Brake with Brakehold menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan sentuhan tombol. Ini sangat bermanfaat saat mobil berhenti di lampu merah.

Pengemudi tidak perlu menahan atau menarik rem, cukup klik brakehold, kendaraan akan berhenti tidak perlu khawatir nyelonong walau transmisi dalam posisi drive (D). Untuk AC ada fitur otomatis yang dapat mendinginkan suhu kabin secara cepat.

Menjajal mesin baru Veloz 1.500 cc 2NR-VE dengan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm yang disalurkan melalui CVT, meski tidak terlalu responship, tetapi suara mesin terasa halus saat diajak berakselarsi. Saat mencoba sistem pengereman, tak ada hentakan terasa lebih halus.

Fitur baru lainnya pada All New Veloz, saat mobil berbelok akan muncul gambar posisi mobil pada head unit. Ini berkat New All Round View Camera, sehingga dapat memantau secara jelas situasi di sekitar kendaraan.

Blind Spot Monitoring akan menyala memberikan sinyal di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain bergerak di area titik buta.

Secara keseluruhan Avanza Veloz terbaru benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya. Ini akan memberikan pengalaman baru bagi Anda yang sebelumnya menggunakan Avanza Veloz lama atau mobil MPV lain.

Artikel Asli