Terungkap, Ternyata Segini Honor SPG Cantik di GIIAS

Otomotif | inewsid | Published at Minggu, 14 November 2021 - 21:01
Terungkap, Ternyata Segini Honor SPG Cantik di GIIAS

JAKARTA, iNews.id Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 kurang sedap rasanya bila tidak ada usher atau orang umum menyebutnya Sales Promotion Girl (SPG). Para wanita cantik ini bertugas sebagai garda terdepan melayani pengunjung memperkenalkan produk yang dipamerkan.

Berapa bayaran yang mereka terima? Salah satu usher, Fransisca (23) mengaku senang dapat melayani pengunjung di booth produk yang dijaganya.

Jadi sebenarnya untuk tips atau bayaran kita per shift gitu. Untuk per hari lumayan di kisaran Rp400-Rp500 ribu per hari dikalikan saja dengan berapa kali kita masuk, kata Franssica, Senin (15/11/2021).

Fransisca menuturkan dengan bayaran yang cukup besar per hari dirinya tak keberatan harus berdiri selama lima jam per hari.

Kalau full misalnya selama 12 hari kalikan saja tadi itu sudah lumayan banget untuk nambah-nambah kebutuhan. Menyenangkan, terkadang kita lelah, tapi harus tetap semangat nanti juga kita ganti-gantian shift-shiftan, ujarnya.

Francisca menyebutkan awal dirinya bisa menjadi SPG mendaftarkan diri di salah satu agensi yang biasa meng-handle kegiatan event besar.

Saya kemarin lewat agensi sih daftar sendiri. Ada juga dapat informasi teman-teman dari omongan ke omongan ke omongan, katanya.

Dia berharap pagelaran atau event besar bisa kembali dihelat. Ini menjadi angin segar bagi pelaku kegiatan.

Hal senada disampaikan Melati (21), usher di booth aksesoris motor. Dia berharap pameran berikutnya bisa dihelat. "Saya berharap kondisi lebih baik, pemeran-pameran diizinkan diselenggarakan, sehingga yang terlibat dapat beraktivitas," katanya.

Terkait dengan honor para usher, masing-masing brand punya standar sendiri. Mobil-mobil mewah mereka memiliki standar usher lebih ketat. Selain berpenampilan menarik, background pendidikan dan pengetahuan tentang otomotif jadi petimbangan. Tak heran sekali shift mereka mendapat bayaran jutaan rupiah.

Artikel Asli