Ini Perbedaan Besar Antara Toyota Avanza Baru dengan Toyota Veloz Baru

Otomotif | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 06:35
Ini Perbedaan Besar Antara Toyota Avanza Baru dengan Toyota Veloz Baru

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis secara resmi mobil terbaru mereka Toyota Avanza baru dan Toyota Veloz baru. Untuk pertama kalinya kedua mobil tersebut memiliki banyak perbedaan yang signifikan.

Tentu saja perbedaan yang signifikan itu terjadi karena target konsumen yang disasar memang berbeda. Memiliki banderol harga dimulai dari Rp206,2 juta dan Rp228,5 juta, Toyota Avanza menyasar konsumen yang mencari mobil pertama dengan fitur melimpah dan harga kompetitif.

Sebaliknya Toyota Veloz yang memiliki kisaran harga dari Rp251,2 juta hingga Rp291,5 juta membidik konsumen yang ingin mengganti mobil mereka dengan mobil lebih canggih sekaligus fungsional.

Target konsumen yang berbeda itulah yang membuat keduanya memiliki perbedaan besar. Berikut ini beberapa perbedaan antara Toyota Veloz dengan Toyota Avanza.

1. Wajah Muka

Perbedaan yang paling terlihat memang adalah tampilan wajah muka kedua mobil. Toyota Avanza hadir dengan desain grille bilah bertumpuk. Sebaliknya Toyota Veloz memiliki tampilan muka yang sangat mengingatkan pada grille Toyota Cross.

2. Wajah Belakang

Toyota Avanza memiliki tampilan wajah belakang yang sedikit mirip dengan Toyota Veloz. Hanya saja ada beberapa elemen yang membuatnya berbeda. Misalnya garnish lampu di Toyota Avanza tidak menyala dan memanjang hingga logo Toyota seperti halnya di Toyota Veloz. Selain itu Toyota Avanza tidak dilengkapi dengan defogger di kaca belakang. Berbeda dengan Toyota Veloz yang

dilengkapi dengan defogger.

3. Body Samping

Jika dilihat dari samping yang terlihat jelas dari keduanya adalah bagian roof rail. Toyota Avanza tidak dilengkapi dengan roof rail sementara Toyota Veloz punya roof rail yang siap dipasang roof box.

Toyota Veloz juga dilengkapi dengan rem belakang cakram sedangkan Toyota Avanza hanya punya rem tromol. Ukuran velg juga berbeda dimana Toyota Avanza memiliki ukuran 15 inci sedangkan Toyota Veloz 16 inci.

4. Interior

Interior merupakan perbedaan terbesar di antara keduanya. Material jok Toyota Veloz merupakan perpaduan kulit dan kain sedangkan jok Toyota Avanza seluruhnya terbuat dari kain.

Penggunaan material soft touch bisa ditemukan di semua bagian interior Toyota Veloz. Hal itu tidak ditemukan di Toyota Avanza.

Ukuran layar yang ada di dashboard juga berbeda. Toyota Avanza tipe E hanya dilengkapi layar sentuh berukuran 7 inci sedangkan Toyota Veloz punya layar sentuh 9 inci. Ukuran yang sama hanya ditemukan di Toyota Avanza tipe G.

Layar sentuh Toyota Veloz juga sudah bisa terkoneksi dengan Apple Car Play dan Android Auto sementara layar sentuh Toyota Avanza hanya bisa menjalankan fitur-fitur standar.

Toyota Veloz juga dilengkapi dengan wireless charging. Teknologi itu sama sekali tidak ditemukan di Toyota Avanza. Begitu juga dengan layar yang ada di baris kedua Toyota Veloz tidak ditemukan di Toyota Avanza.

Speedometer Toyota Veloz makin canggih karena dikombinasikan dengan speedometer digital. Sebaliknya Toyota Avanza hanya multi information display TFT.

Artikel Asli