Loading...
Loading…
Suara Motor Nmax Kasar, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Suara Motor Nmax Kasar, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Otomotif | inewsid | Jumat, 22 Oktober 2021 - 09:38

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya penyebab suara motor Nmax kasar? Kondisi ini membuat bingung pemilik kendaraan.

Seperti diketahui, motor matic bongsor ini memiliki suara kasar bila sudah lama digunakan. Terkadang bunyi ngelitik seperti suara mesin rumput. Pastinya, ini sangat menggangu kenyamanan berkendara.

Bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab suara motor Nmax kasar dan cara mengatasinya:

1. Klep sudah aus

Penyebab suara Nmax kasar yang pertama periksa klep apakah sudah aus dan rusak. Suara Kerusakan pada komponen ini akan meyebabkan suara mesin menjadi kasar.

Mengatasinya terdapat dua cara, pertama menyetel ulang setelan klep. Jika tidak ada perubahan lakukan pengganti klep dengan yang baru.

2. Spring tensioner rusak

Penyebab kedua yang menyebabkan suara motor Nmax kasar spring tensioner rusak. Indikasinya akan muncul suara pada posisi idling 1.500 rpm sampai redline 900 rpm. Jika skutik bongsor Anda mengalami hal serupa dipastikam kerusakan terjadi pada spring tensioner. Solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti komponen baru.

3. Laher noken AS aus

Penyebab suara motor Yamaha Nmax kasar selanjutnya bisa terjadi pada kerusakan laher noken AS yang sudah aus. Ciri-cirinya timbul suara berisik pada motor serta bila dilakukan pengecekan laher noken as mengalami oblak.

Penyebab utamanya adalah karena sering telat mengganti oli mesin. Suaranya persis seperti setelan tensioner/tonjokan keteng yang mengalami keausan, akan tetapi hal ini terjadi pada head silinder.

Solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut dalah melakukan pembongkaran dan mengganti lahernya tanpa perlu mengganti noken as secara keseluruhan.

4. Bearing transmisi oblak

Jika timbul suara berisik pada komponen transmisi dan CVT, besar kemungkinan penyebab kerusakan pada bearing transmisi yang sudah oblak. Ciri-cirinya dapat dirasakan ketika sudah memacu kecepatan. Solusi terbaik mengatasi permasalahan tersebut melakukan penggantian part dengan yang baru (original/asli).

5. Piston kit aus

Ini merupakan penyakit motor Nmax yang kerap dikeluhkan pemilik kendaraan. Ciri-cirinya dapat dirasakan dengan timbulnya suara seperti mesin jahit, suara klotok klotok pada mesin, serta munculnya asap putih ketika digas pada 3.000-7.000rpm.

Jika ini terjadi pada motor Anda besar kemungkinan piston rusak. Jika dibiarkan timbul masalah mesin makan oli. Artinya, pelumas berkurang terbakar mesin. Solusi terbaik mengatasi masalah tersebut turun mesin mengganti part internal pada engine.

Original Source

Topik Menarik