Ban Kendaraan Ternyata Bisa Disematkan Teknologi Internet

limapagi.id | Otomotif | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:00
Ban Kendaraan Ternyata Bisa Disematkan Teknologi Internet

LIMAPAGI - Ban mobil diklaim memiliki berjuta potensi untuk dikembangkan. Salah satunya adalah pengaplikasian Internet of Things (IoT) ke dalam ban yang semakin populer.

Dengan menggunakan sensor pintar, ban mobil semakin terkoneksi dengan internet. Tujuannya, agar tercipta integrasi sistem ban pintar dengan beragam perangkat digital.

Berdasarkan siaran tertulis Goodyear yang diterima Limapagi.id, Kamis, 14 Oktober 2021, kegunaan sensor di dalam ban mobil sangat beragam seperti pengumpulan informasi suhu jalan, traksi, akselerasi kendaraan dan tekanan ban. Data-data inilah yang sulit didapat oleh pengemudi secara manual.

"Dari perspektif fleet management atau manajemen armada, data-data tersebut menjadi penting agar 'ban bisa bicara', memperingatkan pengemudi tentang masalah ban yang muncul, sehingga pengemudi dapat melakukan antisipasi," kata Goodyear.

Nantinya, sensor akan memunculkan peringatan melalui indikator tertentu seperti kedipan lampu dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika. Informasi itu akan menjadi acuan bagi teknisi untuk melakukan perbaikan maupun penggantian berkala terhadap ban mobil.

"Sensor pintar dalam ban mobil saat ini sudah semakin berkembang. Dalam penyematan sistem manajemen tekanan ban yang dipasang secara internal (TPMS = Tire Pressure Management System )," tulis Goodyear.

Penyematan TPMS menjadi lebih menantang dibandingkan sensor di luar ban dikarenakan lingkungan ekstrim dalam ban. Sayangnya, ban pintar ini belum tersedia dipasaran dan masih terus dikembangkan.

Artikel Asli