Honda Punya Pesawat Jet Baru, Godaan Muktahir buat Crazy Rich

sindonews | Otomotif | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:00
Honda Punya Pesawat Jet Baru, Godaan Muktahir buat Crazy Rich

JAKARTA - Honda Aircraft Company merilis konsep pesawat jet terbaru, HondaJet 2600 yang punya banyak kelebihan istimewa untuk menggoda para Crazy Rich. Dilaporkan Paultan, pesawat jet kedua buatan Honda itu dipamerkan di ajang 2021 NBAA Business Aviation Convention and Exhibition (NBAA-BACE) baru-baru ini.

Honda mengklaim HondaJet 2600 merupakan pesawat jet ringan pertama di dunia yang bisa terbang jarak jauh non-stop. Pesawat jet itu bisa melintasi benua karena memiliki jarak tempuh 4.861 kilometer per jam sekali terbang.

Selain kemampuan jarak tempuh yang tinggi, pesawat jet baru itu mampu mencapai kecepatan 450 knot atau setara 833 kilometer per jam serta bisa berada di atas ketinggian 47.000 kaki atau sama dengan 14.325 meter. Daya angkut HondaJet 2600 mencapai 4 penumpang dan satu anggota kru pesawat.

Daya angkut ringkas itu membuat HondaJet 2600 jadi pesawat jet lintas benua pertama yang menggunakan satu orang pilot. Agar pilot satu-satunya itu tidak kelelahan, Honda menyiapkan teknologi khusus yang bisa membantu pilot mengerjakan tugas lain yang diperlukan. Beberapa tugas yang bisa diambilalih oleh teknologi canggih itu seperti advanced steering augmentation serta peringatan runway overrun .

Dari segi okupansi, ruangan HondaJet 2600 masih dapat dikonfigurasi dengan berbagai pengaturan jika ingin mengangkut lebih banyak penumpang. Ruangan bisa disulap menjadi ruangan untuk satu awak pesawat dan 10 penumpang, atau dua awak pesawat dan sembilan penumpang.

Penumpang akan tetap merasa nyaman karena konfigurasi engine mounting over-the-wing yang memungkinkan memaksimalkan ruang penumpang di dalam kabin. Hal ini menurut Hondalebih baik dibandingkan dengan jet ringan konvensional.

Artikel Asli