Lexus LX Versi Mewah dari Toyota Land Cruiser 300 Resmi Meluncur

sindonews | Otomotif | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:00
Lexus LX Versi Mewah dari Toyota Land Cruiser 300 Resmi Meluncur

JAKARTA - Setelah lama ditunggu-tunggu Lexus LX akhirnya resmi meluncur. Mobil yang merupakan versi mewah dari Toyota Land Cruiser 300 itu dihadirkan di tengah badai krisis semikonduktor yang membuat industri otomotif kerepotan menghadirkan produk-produk baru.

Mobil ini juga menjawab penantian masyarakat yang cukup lama menunggu hadirnya generasi baru Lexus LX. Diketahui Lexus LX telah hadir dalam tiga generasi dimana generasi ketiga dirilis pada 2007. Lexus cukup lama mempertahankan styling Lexus LX generasi ketiga dengan melakukan berbagai penyegaran.

Kini generasi keempat Lexus LX hadir dengan konsep yang lebih baru. Bahkan sangat berbeda jika dibandingkan saudara kandungnya yang sebelumnya sudah meluncur, Toyota Land Cruiser 300.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu dicermati mengenai Lexus LX:

1. Mesin

Lexus LX menggunakan mesin V6 turbo ganda dengan kapasitas silinder 3,5 liter. Mesin ini bisa menggelontorkan tenaga sebesar 409 daya kuda dan torsi maksimal 479 lb-ft. Seluruh tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 10 percepatan.

2. Hadir dalam Dua Varian

Lexus LX hadir dalam dua varian yakni Lexus LX600 dan Lexus LX600 F Sport. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Lexus LX600 hadir dengan grille raksasa full krom sedangkan Lexus LX600 F Sport hadir dengan spindle grill sarang tawon. Begitu juga dengan ban yang lebih besar yakni 22 inci.

F Sport juga mendapat sentuhan khas di bagian palang kemudi dan tuas transmis yang dibungkus dengan material kulit khusus. Begitu juga dengan jok mobil desain khusus agar bisa menjaga pengemudi dari tekanan G-Force ketika berkendara dengan kencang.

Fitur lain yang ada di F Sport adalah damper depan dan belakang yang sudah disetting ulang. Juga adanya stabilizer di bagian belakang, EPS dan AVS yang sudah disetting ulang agar memberikan pengendaraan yang lebih responsif dan handling yang maksimal.

3. Ultra Luxury

Lexus berupaya keras membuat penumpang di baris kedua dan ketiga duduk dengan nyaman. Untuk itu kursi di baris kedua dapat digeser maju dan sudut kemiringan kursi bisa mencapai 48 derajat.

Menariknya desain jok di baris kedua dan ketiga dibuat sangat tebal dan khas. Penggunaan material kulit berkelas tinggi membuat jok mobil terlihat sangat nyaman. Selain itu jok mobil di baris kedua dipasang foot rest sehingga penumpang bisa merasa nyaman selama perjalan. Uniknya foot rest itu justru dipasang di bagian belakang jok mobil baris pertama.

Jok mobil penumpang baris pertama bahkan bisa dilipat berikut layar yang ada di belakangnya guna memberikan ruang yang lebih nyaman buat penumpang di baris kedua.

Selain itu jok mobil juga dibuat dengan urethane lembut sehingga bisa meminimalisir getaran yang terjadi akibat perjalan. Alhasil badan orang yang berada di dalam mobil tidak merasakan getaran-getaran yang menganggu.

4. Fitur Kenyamanan Ekstra

Fitur kenyamanan tambahan seperti kerai di jendela samping dan seperempat, lampu baca, dan tampilan kursi belakang adalah standar. Sistem pendingin udara eksklusif Ultra Mewah menawarkan ventilasi langit-langit yang unik untuk pengalaman angin sepoi-sepoi yang nyaman di seluruh tubuh.

Lexus juga memasang layar khusus yang ada di antara jok mobil penumpang baris kedua. Layar itu bisa mengakses semua fungsi dan fitur-fitur khusus untuk penumpang di bagian belakang.

Selain itu juga terdapat kotak konsol besar yang menyediakan ruang penyimpanan yang cukup, Di kotak itu juga tersedia slot pengisian daya baterai dengan aliran DC, USB, dan jack headphone jika penumpang ingin memanfaatkan headphone premium yang mereka miliki di dalam mobil.

5. Kemampuan Offroad dan Onroad

Lexus LX merupakan SUV yang punya jejak rekam tinggi di dunia offroad dan onroad. Tidak terkecuali Lexus LX generasi keempat. Mobil baru itu dilengkapi banyak fitur canggih yang membuat perjalanan offroad dan onroad bisa lebih nyaman.

Misalnya dua layar yang berukuran berbeda 12,3 inci dan 7 inci. Meski berbeda kedua layar itu seakan dibuat menempel sehingga jadi terlihat membesar. Layar berukuran 12,3 inci digunakan untuk memonitor futur multi-terrain ketika berjalan offroad. Sebaliknya layar 7 inci bisa menampilkan kamera bawah guna mendeteksi gangguan di jalan yang tidak terlihat karena badan mobil yang besar.

Suspensi mobil juga bisa diatur ketinggiannya dengan hanya menekan satu tombol. Yang menarik fitur multi-terrain yang ada di mobil ini memiliki dua opsi baru yakni High Range dan Auto Mode. High Range merupakan penambahan dari Low Range yang sebelumnya sudah ada. Sebaliknya Auto Mode akan membantu pengemudi menentukan multi-terrain yang tepat saat berkendara offroad.

Jadi mobil akan menentukan sendiri tekanan pada rem hidrolis, kontrol supsensi dan gaya berkendara agar perjalanan offroad jadi lebih nyaman dan tidak menyulitkan.

6. Harga

Mobil ini disebut Car and Driver akan dibanderol di harga USD90.000 atau setara Rp1,27 miliar. Mobil akan didistribusikan mulai tahun depan meskipun saat ini krisis semikonduktor masih membayangi produksi mobil SUV mewah itu.

Artikel Asli