Catat, Ini Cara Atasi Ban Tubeless Kena Paku di Jalan

sindonews | Otomotif | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:01
Catat, Ini Cara Atasi Ban Tubeless Kena Paku di Jalan

JAKARTA - Ada beberapa cara mengatasi ban tubeless saat kena paku di jalan. Ban tubeless sendiri memang memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan versi biasa atau tubetype.

Namun terkadang ada saja kendala yang ditemui, seperti ban tubeless tertusuk paku. Nah, meskipun relatif lebih kuat, ban yang terkena paku tak boleh hanya didiamkan saja. Sebab lama kelamaan ban tubeless bisa kehabisan angin. Parahnya lagi, anginnya bisa hilang mendadak saat berkendara kalau ban tubeless dibiarkan bocor.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memperbaiki ban tubeless yang terkena paku. Dikutip dari Auto2000, Rabu (13/10/2021), berikut selengkapnya.

1. Menggunakan cairan anti bocor.

Di dalam setiap pembelian ban tubeless akan mendapatkan cairan anti bocor. Cairan ini bisa dioleskan bagian ban yang bocor.

Tunggu beberapa waktu, kemudian cairan akan menutup lubang akibat tertusuk. Namun ini juga bukan cara yang paling tepat. Efek yang diberikan hanya sementara saja.

Bahkan cairan anti bocor bisa merusak permukaan velg bagian dalam karena kandungan pH-nya terhitung berbahaya dan bisa membuat velg berkarat.

2. Langsung cabut paku.

Pada dasarnya ban tubeless tidak akan langsung kehilangan angin. Berbeda dengan ban biasa. Namun jangan mendiamkan paku tertancap terlalu lama.

Kalau dibiarkan begitu saja, bagian ban yang tertusuk paku akan memiliki celah seiring bergeraknya mobil. Lama kelamaan celah ini bisa membuat udara masuk dan merusak lapisan dalam ban. Parahnya bisa kemasukan air juga. Inilah yang membuat kondisi ban tubeless menjadi cepat rusak dibandingkan yang seharusnya.

3. Bawa ban ke bengkel.

Cara mengatasi ban tubeless kena paku paling tepat tentu saja langsung membawanya ke tukang tambal. Pertolongan melalui pemakaian cairan anti bocor hanya bersifat sementara.

Dalam proses tambal ban tubeless sendiri ada metode khusus yang berbeda dengan versi tubetype.

Metode ini terbukti paling benar dan membuat kualitas ban tetap terjaga, yakni dengan membukanya dari velg. Setelah dipisahkan dari velg, lubang yang nampak bisa ditambal dari dalam.

Dari sisi waktu pengerjaan memang memakan waktu lama, tapi jauh lebih baik demi menghindari kerusakan ban tubeless.

Artikel Asli