Mobil Balap Porsche Bekas Gembong Narkoba Pablo Escobar Dijual Rp14,2 Miliar

Otomotif | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:00
Mobil Balap Porsche Bekas Gembong Narkoba Pablo Escobar Dijual Rp14,2 Miliar

KOLOMBIA - Mobil balap Porsche 911 Carrera 3.0 RSR produksi tahun 1974 yang pernah dimiliki gembong narkoba asal Kolombia, Pablo Escobar dijual di balai lelang dengan harga fantastis mulai dari USD1 juta atau setara Rp14,2 miliar. Nilai sejarah di mobil balap Porsche itu diyakini jadi faktor terbesar membuat harganya begitu tinggi.

Pasalnya cerita yang ada di mobil tersebut memang unik. Sebelum dimiliki oleh Pablo Escobar, mobil balap buatan Jerman itu awalnya adalah mobil yang dikendarai oleh juara dua kali Formula 1 dan Indy Car dari Brasil, Emerson Fittipaldi. Bersama mobil itu Emerson Fittipaldi mengikuti balapan mobil International Race of Champions (IROC).

Setelahnya mobil itu kemudian berpindah tangan ke pembalap Formula 1 asal Amerika Serikat Roger S Penske. Hanya saja pembalap legendaris Amerika Serikat itu kemudian menjualnya kepada seorang pembalap independen Charlie Kemp.

Baik Roger S Penske dan Charlie Kemp tidak menjadikan mobil itu pajangan. Mereka menggeber mobil bermesin dengan kapasitas silinder 3,0 liter itu di berbagai balapan resmi di Amerika Serikat.

Kiprah mobil itu kemudian mencuri perhatian gembong narkoba asal Kolombia, Pablo Escobar yang kebetulan memang suka balapan. Diatertarik membawa pulang mobil Porsche itu agar bisa digunakan untuk balapan. Selama di Kolombia, Pablo Escobar memang suka balapan dan mengoleksi banyak mobil balap. Tidak heran jika dia tertarik dengan mobil Porsche itu.

Berbekal reputasi dan dana yang besar, Pablo Escobar akhirnya bisa menggondol mobil legendaris Porsche yang diincar. Seperti yang dilakukan oleh Emerson Fittipaldi, Roger Penske dan Charlie Kemp, gembong narkoba kelahiran 1 Desember 1949 itu memang menggunakannya untuk balapan.

Saking tergila-gilanya dengan balapan, Pablo Escobar mengubah tampilan asli mobil itu. Warna mobil yang semula kuning diganti dengan warna khas livery mobil balap yang disponsori Martini.

Sayang, kiprah mobil balap Porsche itu berakhir berbarengan dengan tewasnya Pablo Escobar 2 Desember 1993. Mobil itu kemudian dibawa kembali ke Amerika Serikat sebagai barang bukti. Begitu kembali ke Amerika Serikat Porsche 911 Carrera 3.0 RSR itu dikembalikan ke warnanya semula.

Selama 2007 dan 2010 mobil tersebut direstorasi lagi karena memang mengalami banyak perubahan terutama dari segi body works. Kini mobil itu ada di tangan The Collecting Cars dan dijual dengan harga fantastis mulai dari Rp14,2 miliar.

Artikel Asli