Loading...
Loading…
Warga Jakarta Ingin Perpanjang SIM di Akhir Pekan? Ini Lokasinya

Warga Jakarta Ingin Perpanjang SIM di Akhir Pekan? Ini Lokasinya

Otomotif | limapagi.id | Sabtu, 25 September 2021 - 07:56

LIMAPAGI - Banyak cara yang bisa dilakukan masyrakat untuk mengisi waktu di akhir pekan. Salah satunya menyempatkan diri untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi alias SIM, menjelang habis masa berlakunya.

Seperti diketahui SIM A dan C memiliki masa berlaku selama 5 tahun, terhitung sejak penerbitannya. Pemilik wajib melakukan perpanjangan sebelum habis, atau dikenakan sanksi berupa pembuatan baru dengan berbagai proses ujian.

Untuk melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi, pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil bisa menyambangi Samsat di dekat lokasinya. Selain itu, kini disediakan juga layanan SIM Keliling untuk memudahkan proses perpanjangan.

Mengutip dari laman laman Korlantas Polri, Sabtu, 25 September 2021, ada lima layanan SIM Keliling bisa dimanfaatkan warga di Jakarta dan sekitarnya, untuk memperpanjang kartu identitas itu.

Bagi warga yang berada di wilayah Jakarta Selatan, bisa menyambangi lokasi SIM keliling di Kampus Trilogi di wilayah Kalibata. Jika dirasa terlalu jauh, ada juga layanan serupa di Jalan M.Saidi Raya wilayah Petukangan.

Pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil di wilayah Jakarta Timur, bisa menyambangi Mall Grand Cakung untuk memperpanjang SIM di layanan tersebut. Sementara yang berdomisili di Jakarta Barat, disiapkan layanan serupa di Mall Citraland, Grogol.

Baca Juga :
Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Jakarta, Selasa (21/6)

Layanan SIM keliling di akhir pekan ini, juga tersedia bagi warga yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Untuk memperpanjang legalitas berkendara kendaraan bermotor itu, bisa dilakukan di Kantor Pos Lapangan Banteng.

Perlu diingat, pelayanan menggunakan SOP Kesehatan yaitu pemohon wajib menggunakan masker serta menerapkan physical distancing. Selain itu, lokasi Simling hanya melayani warga dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Urusan biaya perpanjangan SIM, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Besarannya adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A (mobil), dan Rp75 ribu untuk Golongan C (sepeda motor).

Original Source

Topik Menarik