Ban Mobil Selip di Jalan Licin, Jangan Panik Ini 3 Hal Harus Anda Lakukan

Otomotif | inewsid | Published at Selasa, 21 September 2021 - 07:01
Ban Mobil Selip di Jalan Licin, Jangan Panik Ini 3 Hal Harus Anda Lakukan

JAKARTA, iNews.id Memasuki musin hujan Anda harus berhati-hati saat melintasi jalan licin. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi ban mobil karena jalan yang basah bisa menyebabkan selip.

Gejala ban mobil selip dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil, seperti bodi mobil yang bergerak ke kiri atau kanan, atau mobil berjalan lurus meskipun kemudi sudah dibelokkan.

Lantas, bagaimana cara menyikapinya jika kondisi tersebut terjadi? Dalam keterangan persnya, Auto2000 membagikan tiga tips sebagai berikut:

Pertama , jangan panik. Kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan yang tak perlu seperti pengereman keras atau membanting setir yang malah memperburuk keadaan.

Sikapi dengan tenang serta jaga fokus dan konsentrasi mengemudi untuk menentukan respons selanjutnya. Itulah mengapa pengemudi dilarang melakukan aktivitas lain waktu berkendara seperti bermain ponsel.

Kedua , menunggu hingga grip ban kembali normal sehingga dapat memperoleh traksi dan mobil dapat dikendalikan. Anda cukup menahan setir lurus ke depan dan tidak melakukan counter kemudi.

Pengemudi disarankan jangan dulu menginjak pedal rem atau gas. Ini untuk mencegah mobil kehilangan kendali lebih parah.

Ketiga , jika daya cengkeram ban sudah kembali, mobil dapat dikendalikan seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem. Itupun harus dilakukan secara halus dan bertahap untuk menjaga daya pijak ban.

Perlu diingat, tetap waspada terhadap lingkungan sekitar, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

Artikel Asli