Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia Sudah Dimulai

limapagi.id | Otomotif | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:30
Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia Sudah Dimulai

LIMAPAGI - Hyundai Motor GroupdanLG Energy Solution memulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrikdi Indonesia. Lokasi pabrik ini berada diKarawang New Industry City.

"Hyundai Motor Group terus mengembangkan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin global di pasar kendaraan listrik. Keberadaan pabrik ini adalah buktinya," kata Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group, Kamis, 15 September 2021.

Menurut Chung, hadirnya pabrik pembuatan baterai listrik ini diharapkan bisa menambah minat masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Tak hanya di dalam negeri, peluang Indonesia di pasar elektrifikasi Asean juga semakin besar.

"Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik akan sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait. Kami berharap, Indonesia dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik di Asean," katanya.

Pada Juli lalu, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Indonesia terkait proyek ini. Nilai investasi yang dilayangkan mencapai USD1,1 miliar.

Pabrik baru untuk manufaktur sel baterai ini akan dibangun di atas sebidang tanah seluas 330.000 meter persegi. Pembangunannya akan diselesaikan di semester pertama 2023, sedangkan produksinya diharapkan dapat dimulai di semester awal 2024.

Fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion dengan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) setiap tahun. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan 150.000 unit BEV.

Nantinya, pabrik baru ini akan membantu Hyundai dan Kia untuk memproduksi kendaraan dengan efisiensi, performa, dan keamanan tingkat tinggi dengan cara memasok sel baterai yang dioptimalkan untuk berbagai model BEV dari kedua perusahaan otomotif tersebut.

Artikel Asli