Dasboard Mobil Retak dan Kusam, Begini Cara Merawatnya

inewsid | Otomotif | Published at 13/09/2021 08:01
Dasboard Mobil Retak dan Kusam, Begini Cara Merawatnya

JAKARTA, iNews.id - Dashboard mobil merupakan bagian utama kendaraan yang mesti diperhatikan dan dirawat. Kondisi dashboard sangat memengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Dasboard kotor, kusam, belang, retak-retak sangat mengganggu pemandangan dan penampilan kabin mobil. Sebab itu, perlu perawatan terutama terkait kebersihan.

Bagaimana caranya? Dilansir dari laman Auto2000, Senin (13/9/2021), berikut cara merawat dasboard mobil agar tidak kotor dan cepat kusam.

1. Vacum cleaner

Selain dilap, salah satu cara membersihkan keseluruhan dasboard mobil adalah menggunakan vacum cleaner. Ini berguna untuk menghisap debu, kotoran, sisa makanan dan abu rokok yang menempel pada dasboard, kisi-kisi AC, selipan panel instrument, consol box, cup holder dll. Bersihkan sampai kecelah terkecil untuk mendapatkan bersih maksimal

2. Gunakan sikat halus

Bila noda, debu dan kotoran sulit terangkat bantulah menggunakan sikat. Pastikan gunakan sikat dengan bahan sangat halus. Ini untuk menghindari baret halus pada dasboard akibat sikat saat pembersihan.

3. Tisu bayi

Ini merupakan metode sangat sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu membersihkan menggunakan tisu bayi. Sebab tisu bayi memiliki sifat basah dan bahan pelembab yang baik untuk membersihkan dasboard dengan hasil yang cukup baik. Namun, hindari pembersihan dengan cara ini apabila dasboard mobil Anda berbahan soft touch atau kulit.

4. Baking soda

Bahan dapur juga ternyata dapat membersihkan dashboard dengan hasil bersih. Cukup dengan tuangkan seperempat cangkir baking soda, seperempat cangkir cairan cuci piring ke botol berukuran besar, lalu kocok bahan tersebut hingga tercampur.

Jika sudah tercampur Anda bisa gunakan untuk membersihkan dashboard mobil. Namun, apablla dasboard Anda berbahan kulit l hindari cara ini. Cukup bersihkan menggunakan lap basah dalam air hangat.

5. Interior cleaner

Anda bisa gunakan cairan khusus sebagai pelindung, pengkilap, penghitam dasboard mobil, dengan memakai interior cleaner. Anda bisa temukan produk ini di toko detailing atau marketplace dengan harga terjangkau.

Sebagai catatan, Pastikan untuk menggunakan interior cleaner sesuai kebutuhan dan spesifikasinya. Hal tersebut untuk mencegah dasboard belang atau pecah-pecah akibat kandungan kimia keras tidak cocok dengan spesifikasi bahan dasboard tersebut.

6. Gunakan pelindung dashboard

Ketika dasboard sudah bersih dan kinclong, Anda bisa menggunakan alat pelindung dasboard. Ini bisa ditemukan di berbagai toko aksesories mobil serta marketplace dengan beberapa motif seperti bulu-bulu, motif lengket anti geser, model jaring-jaring dll. Inibsangat berguna untuk melindungi dasboard mobil terutama dari terik sinar matahari.

Artikel Asli