Didukung Perusahaan China, Lotus Siap Kalahkan Penjualan Porsche

sindonews | Otomotif | Published at 09/09/2021 05:15
Didukung Perusahaan China, Lotus Siap Kalahkan Penjualan Porsche

CHINA - Perusahaan mobil asal Inggris, Lotus berencana mengalahkan penjualan mobil-mobil mewah Eropa terutama Porsche di China. Keinginan itu diungkap oleh Chief Executive Officer (CEO) Lotus, Feng Xinfeng baru-baru ini kepada Reuters. Niatan itu didukung penuh oleh perusahaan mobil China, Geely, yang saat ini merupakan pemegang saham mayoritas Lotus.

Kehadiran Geely memang jadi vitamin yang kuat buat Lotus. Pasalnya sebelum Geely datang, Lotus memang sudah berada dalam posisi bangkrut. Geely diketahui mengeluarkan dana akuisisi sebesar USD65 juta atau setara Rp928,6 miliar untuk memegang saham Lotus sebesar 51 persen.

Begitu dipegang oleh Geely, Lotus kini sudah mulai menggeliat. Baru-baru ini mereka meluncurkan mobil sport Lotus Emira. Selain itu mereka juga telah merilis gambar penggoda empat mobil listrik buatan Lotus yang akan diproduksi tahun depan.

Menariknya keempat mobil listrik itu nantinya disiapkan untuk mampu menyaingi dan bahkan mengalahkan mobil-mobil listrik buatan Eropa lainnya. Carbuzz menyebutkan salah satu mobil listrik yang akan jadi target Lotus adalah Porsche Macan listrik yang diproduksi tahun depan.

Pasalnya Lotus melihat potensi pasar mobil SUV listrik berukuran kompak seperti Porsche Macan sangat tinggi. Porsche Macan bermesin bensin saja berhasil jadi tulang punggung penjualan mobil Porsche. Tidak heran jika Lotus berinvestasi besar-besaran di China.

Feng Xinfeng mengatakan saat ini Lotus sudah membangun pabrik di kawasan Wuhan, China. Rencananya pabrik yang akan beroperasi tahun depan akan memproduksi sebanyak 2.000 unit SUV kompak seperti Porsche Macan. Kapasitas produksi itu menurutnya bisa ditingkatkan hingga 20.000 unit pada 2023.

Dia melanjutkan Lotus rencananya akan membuka lebih dari 20 showroom tahun depan. Sebagai langkah pertama mereka akan membuka dealer di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Setelahnya pada 2023 dan 2024 mereka akan masuk ke kota-kota seperti Suzhou timur dan Ningbo. Diharapkan dalam waktu singkat Lotus akan memiliki 50-70 dealer di wilayah China.

Artikel Asli