5 Perbedaan Mobil Bensin dan Diesel, Intip Mana Paling Irit serta Mudah Perawatan

Otomotif | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:52
5 Perbedaan Mobil Bensin dan Diesel, Intip Mana Paling Irit serta Mudah Perawatan

JAKARTA, iNews.id - Mobil berbahan bakar bensin (petrol) dan diesel masih menjadi pilihan pengguna kendaraan di dunia. Meskipun sudah bertransisi menuju kendaraan listrik, tetapi populasinya masih besar.

Apa bedanya mobil berbahan bakar bensin dan diesel? Cara kerja mesin diesel dan bensin sangat berbeda. Ini terlihat dari kebutuhan bahan bakar, tenaga, dan keamanan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut perbedaan mobil berbahan bakar besin dan diesel:

1. Bahan bakar

Karburator merupakan salah satu komponen pembakaran pada mobil. Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang paling utama adalah penggunaan jenis bahan bakar.

Sesuai dengan namanya, mobil bermesin diesel menggunakan bahan bakar diesel, seperti solar, sedangkan mesin bensin menggunakan gasoline. Perbedaan bahan bakar ini akan berpengaruh pada proses kompresi.

Pada mobil dengan mesin diesel, udara akan dikompresi terlebih dahulu hingga memanas. Saat udara sudah panas karena proses kompresi, bahan bakar akan disuntikkan ke dalam sehingga menghasilkan pembakaran yang memicu mesin menyala.

Sementara pada mobil dengan mesin bensin, bahan bakar akan dicampur dengan udara, lalu dikompresi dengan piston dan dinyalakan percikan api dari busi.

2. Tenaga mesin

Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel juga bisa dilihat dari performa. Tak dapat dipungkiri kalau mesin diesel lebih unggul dalam tenaga, sehingga biasa dipakai kendaraan muatan berat seperti truk dan bus.

Jenis kendaraan ini mampu berjalan dengan beban berat. Belum lagi kemampuannya dalam menempuh perjalanan jauh dengan berbagai medan yang tak mudah dilalui.

Meski begitu, bukan berarti mobil bermesin bensin tidak ada keunggulan sama sekali. Masing-masing pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Terkait performa, mesin bensin cenderung lebih unggul dalam akselerasi dan responsif. Berdasarkan keunggulan performa tersebut, konsumen bisa memilih mesin kendaraan sesuai kebutuhan.

3. Efisensi bahan bakar

Jumlah kebutuhan bahan bakar antara mesin diesel dengan bensin berbeda. Mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien. Hanya sedikit saja solar yang dibutuhkan oleh mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal.

Sebaliknya, mobil mesin bensin butuh lebih banyak bahan bakar untuk jarak jauh. Karenanya kalau sering menempuh perjalanan jauh setiap harinya, lebih baik pilih mesin dengan kebutuhan bahan bakar irit.

4. Perawatan mesin

Setiap keunggulan pasti dibarengi dengan keterbatasan, begitu pun dengan mesin diesel dan bensin. Perbedaan mesin bensin dan diesel adalah perawatan.

Kalau tadi mesin diesel unggul karena kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien daripada mesin bensin, maka dalam perawatan mesin bensin pemenangnya.

Meski mesin diesel sangat kuat dan tangguh, ini diikuti dengan perawatan yang tidak bisa sembarangan.

Diperlukan perawatan ekstra untuk membersihkan komponen-komponen bagian dalam, terutama pada sistem ruang pembakaran yang kompleks dan cepat kotor. Konsumen harus rutin memeriksa dan membersihkan mobil bermesin diesel.

5. Sistem Kelistrikan

Mesin diesel pada mobil yang ada saat ini sudah dilengkapi teknologi canggih yang membuat sistem kelistrikan memadai. Hasilnya, mobil bermesin diesel lebih aman dipakai menerjang banjir.

Meski begitu, tetap harus berhati-hati saat terpaksa harus menerjang banjir. Gunakan kecepatan rendah dan pasang gigi satu atau transmisi D1 untuk mobil otomatis.

Sebaliknya, mesin bensin memiliki komponen kelistrikan yang cukup kompleks dan banyak. Belum lagi tambahan busi, ECU, dan aki yang membuatnya berbahaya apabila dipakai menerjang banjir.

Risikonya mulai dari korsleting hingga terbakar. Meski begitu, keunggulan mesin bensin adalah ramah lingkungan. Mesin bensin tidak akan mengeluarkan asap hitam pekat ketika dipacu di jalan layaknya mesin diesel.

Artikel Asli