Ada Distributor Baru, Cerita Jaguar Land Rover di Indonesia Makin Berliku

sindonews | Otomotif | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 06:40
Ada Distributor Baru, Cerita Jaguar Land Rover di Indonesia Makin Berliku

JAKARTA - Merek Jaguar Land Rover (JLR) merupakan merek yang paling sering berpindah-pindah tangan dalam satu dekade belakangan ini. Baru-baru ini JLR Asia Pacific menunjuk PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor tunggal serta importir kendaraan dan suku cadang JLR di Indonesia. Penunjukan tersebut berlaku mulai Agustus 2021 dan merupakan komitmen perusahaan untuk memperkuat kehadirannya di salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini.

"Bekerja sama dengan Inchcape, bisnis otomotif internasional terkemuka, dengan mitra lokal terbaik dan sangat dihormati menciptakan kombinasi sempurna dari keahlian distribusi, ritel, dan lokal. Kedua perusahaan multinasional berbagi prinsip guna memberikan layanan pelanggan yang terbaik. PT JLM Auto Indonesia, dengan jaringan lokal yang kuat, adalah mitra yang tepat untuk membangun warisan jangka panjang bagi Jaguar Land Rover," kata Alistair Scott, Managing Director JLR Asia Pacific.

Diketahui, Inchcape telah bermitra dengan JLR cukup lama mencapai lima dekade. Inchcape atas otoritasi JLR Asia Pacific bertanggung jawab atas distribusi mobil-mobil buatan JLR di Hong Kong dan Thailand.

Setelah kedua wilayah itu, Inchcape kemudian masuk ke pasar Indonesia dengan mengandeng perusahaan lokal PT JLM Auto Indonesia. Sementara PT JLM Auto Indonesia sendiri menggandeng Indomobil Group untuk kerja sama tersebut.

"Kami senang sekarang dapat memperluas hubungan ini ke Indonesia yang merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN dan bagian penting dari rencana ekspansi APAC Inchcape. Bermitra dengan pembangkit tenaga otomotif mapan seperti Indomobil, Inchcape berada dalam posisi terbaik untuk terus meningkatkan standar layanan kami bagi pelanggan Jaguar Land Rover, termasuk memperkenalkan jajaran model luar biasa mulai hari ini dan tahun-tahun mendatang."

Gerry C. Kertowidjojo, Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia mengatakan, penunjukan ini akan jadi kesempatan baik buat mereka untuk meningkatkan distribusi dan layanan Jaguar Land Rover di Indonesia. Menurutnya, merek dan portofolio produk mewah tetap banyak dicari dan dicintai masyarakat Indonesia.

"Kami pun secara berkelanjutan akan memperkenalkan berbagai inisiatif maupun kegiatan-kegiatan yang revolusioner dalam beberapa bulan mendatang, untuk memberikan pengalaman baru yang bermanfaat bagi semua pemilik dan calon pemilik Jaguar Land Rover di Indonesia," katanya.

Penunjukan JLM Auto Indonesia sebagai distributor tunggal JLR di Indonesia jadi cerita tersendiri buat kedua mobil Inggris itu. Pasalnya memang kedua mobil itu kerap berpindah-pindah distributor.

Misalnya, mobil Land Rover, yang dulunya pernah dipegang oleh PT Java Motors selama puluhan tahun. Tepatnya sejak tahun 1949, PT Java Motors sudah membawa produk Land Rover ke Indonesia. Hanya saja, semuanya berubah pada 2012 ketika Grandauto Dinamika (GAD) hadir dan sekaligus jadi distributor resmi dua produk langsung Jaguar dan Land Rover. Grandauto Dinamika bahkan melengkapi kehadiran mobil Inggris lainnya dengan memegang merek mobil Bentley.

Namun, tak lama kemudian, perpindahan terjadi lagi ketika tiba-tiba saja PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) datang dan langsung mengambilalih ketiga merek mobil tersebut. Hebatnya lagi di waktu yang bersamaan WAE bahkan membangun showroom dan dealer yang sangat besar di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Bersama WAE, kiprah Jaguar Land Rover sangat berwarna. Model-model JLR terbaru selalu hadir di Indonesia kecuali mobil listrik Jaguar I-Pace.

Tidak heran jika penunjukan JLM Auto Indonesia sebagai distributor tunggal JLR sangat mengejutkan. Apalagi kini JLM Auto Indonesia akan membangun pusat showroom dan bengkel baru dengan luas 2.913 meter persegi dan dibangun sesuai dengan standar global Jaguar Land Rover di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Rencananya showroom dan bengkel itu akan resmi beroperasi tahun depan.

Dalam keterangan resminya, JLM Auto Indonesia menyebutkan di fasilitas itu, pelanggan dapat menelusuri 8 (delapan) model mobil baru yang terdiri dari dua merek.

Fasilitas baru juga akan dilengkapi untuk kategori kendaraan berdaya listrik JLR, mulai dari mesin bensin dan mild hybrid hingga plug-in hybrid dan kendaraan listrik murni.

Bagaimana dengan konsumen lama JLR? Untuk sementara mereka dapat mengunjungi bengkel yang berlokasi di Halim, Jakarta Timur, serta showroom dan workshop sementara di TB Simatupang pada September 2021.

Artikel Asli