Ricky Elson Pembuat Mobil Listrik yang kini Jadi Peternak di Ciheras

Otomotif | sindonews | Published at Kamis, 12 Agustus 2021 - 00:00
Ricky Elson Pembuat Mobil Listrik yang kini Jadi Peternak di Ciheras

JAKARTA - Ricky Elson pembuat mobil listrik yang kini jadi Petenak di Ciheras adalah pria asal Padang, Sumatera Barat salah satu orang jenius yang mampu mengembangkan mobil listrik yang kini jadi seorang peternak di Ciheras di Taksimalaya mobil Listrik

Mengutip dari berbagai sumber, Karya Ricky Elson yang terkenal adalah Tucuxi dan Selo. Dengan buah karya dan pengembangan mobil listrik inilah, dia bisa disebut juga menjadi pelopor mobil nasional.

Hanya saja, untuk Tuxuci yang juga digarap bersama Danet Suryatama mengalami nasib mengenaskan, di mana saat diuji coba mobil yang dikendarai Dahlan Iskan (saat itu menjabat sebagai Menteri BUMN) menabrak tebing di daerah Sarangan, Magetan, Jawa Timur, 23 Desember 2012. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Sedangkan untuk Selo yang merupakan mobil bergaya sport, masih ada. Bahkan mobil yang sempat dipamerkan di KTT APEC Bali 5-6 Oktober 2013 itu mampu menarik perhatian banyak orang, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini karena desain mobilnya mirip supercar.

Namun entah mengapa, Ricky Elson yang juga pernah menempuh pendidikan jurusan teknik mesin hingga bergelar master dan bekerja di Jepang sebagai ahli dalam motor penggerak listrik namanya seakan tak mencuat lagi dengan kendaraan listriknya.

Saat memperkenalkan biografinya, Ricky mengaku lahir di Sumatera Barat. Minatnya terhadap mesin didorong oleh keinginannya merancang mesin Formula Satu (F1). Sehingga untuk mendukung itu ia bersungguh-sungguh menimba ilmu di jurusan mesin Universitas Andalas dan melanjutkan ke jurusan mesin di Piliteknik University of Jepang.

Usut punya usut, Ricky Elson rupanya masih tetap berkarya. Dia menetap dan membuka sebuah tempat yang disebut Lentera Bumi Nusantara di sebuah desa di ujung selatan Tasikmalaya yaitu Ciheras.

Di desa ini, Ricky Elson mencoba membuat berbagai riset dengan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dibuat sendiri. Uniknya lagi, ternyata dia juga beternak sapi dan kambing, serta berkebun. Pada intinya hal itu sengaja dilakukannya untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di desa tersebut.

Selalu menjadi alasan untuk menyeimbangkan segala sesuatu maka saya menyebutkan fakultas ini sebagai penyeimbang kerasnya hidup di Ciheras. Kerasnya pendidikan yang ada di sana.

Karena kalau tak seimbang, tak akan mungkin segalanya bisa berjalan dengan dinamis. Artinya, dengan segala dinamika yang ada di Ciheras tak usah khawatir kita akan menemukan jalan untuk tetap bertahan untuk belajar. Oleh karenanya Ricky Elson pembuat Mobil Listrik yang kini Jadi Peternak di Ciheras menjadi profesinya.

Artikel Asli