Bingung Suara Motor Matik Berubah Jadi Kasar, Ini Penyebabnya

inewsid | Otomotif | Published at 22/07/2021 14:15
Bingung Suara Motor Matik Berubah Jadi Kasar, Ini Penyebabnya

JAKARTA, iNews.id - Motor matik saat ini menjadi kendaraan yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Kepraktisan dan kemudahan dalam mengemudikan menjadi alasan konsumen memilih motor jenis ini.

Namun, pemilik kendaraan tidak banyak yang tahu motor matik membutuhkan perawatan khusus. Jika malas bisa terjadi kerusakan pada bagian mesin dan CVT.

Salah satu indikatornya, suara mesin dari tadinya halus berubah menjadi kasar. Apa penyebabnya? Dirangkum dari laman Astra Motor, berikut penyebab motor matik bersuara kasar:

1. Sabuk Van Belt

Salah satu penyebab suara motor matik berubah menjadi kasar adalah sabuk van belt sudah aus. Ciri-cirinya fisiknya akan terlihat karet getas atau retak-ratak.

Jika dipaksa dibawa jalan akan menimbulkan suara kretek-kretek pada bagian CVT motor. Segera ganti part ini bila ditemukan ciri-ciri aus. Bila tidak dilakukan penggantian sabuk van belt bisa putus dan menyebabkan motor tidak bisa berjalan.

2. Roller

Penyebab lainnya adalah kondisi roller rusak sehingga menimbulkan suara kasar pada mesin. Roller yang sudah rusak dapat menyebabkan performa mesin menurun.

3. Secondary Sliding Shaves

Komponen ini bertugas mendorong van belt pada saat motor digas. Jika perangkat ini aus maka dapat menimbulkan suara kasar.

4. Tutup Roller atau Plastik Slider

Tidak hanya roller yang dapat menimbulkan suara mesin berisik, tutup rumah roller atau plastik slider yang sudah aus juga bisa menjadi sumber suara kasar pada CVT. Segera ganti dengan yang baru, jika tidak suara yang ditimbulkan akan semakin kasar dan dapat menimbulkan getaran.

5. Kampas kopling

Motor matik memiliki kampas kopling di dalam komponen CVT. Jika kampas kompling habis atau menipis akan menimbulkan suara decitan pada awal motor digas.

Ini tentu akan menggangu Anda dalam berkendara. Efeknya jika sedang berkendara di jalan motor akan bersuara berisik dan kurang bertenaga

6. Cluth House (mangkok kopling)

Ini merupakan casing pada kopling. Part ini biasanya dapat menimbulkan bunyi yang berisik pada mesin saat dijalankan.

7. Gearbox sudah aus

Komponen tersebut juga bisa menyebabkan motor matik kesayangan Anda bersuara berisik dan tidak bertenaga. Ini disebabkan timbulnya celah antar mata gigi yang sudah tidak presisi.

8. Gaya berkendara kasar

Gaya berkendara yang agresif bisa menjadi penyebab motor bersuara kasar. Untuk itu, hindari berakselerasi mendadak saat berkendara, karena dapat memperpendek usia pakai motor Anda.

Artikel Asli