5 Mobil Teraman saat Terjadi Tabrakan

inewsid | Otomotif | Published at 20/07/2021 12:30
5 Mobil Teraman saat Terjadi Tabrakan

JAKARTA, iNews.id - Pabrikan otomotif dunia berlomba menghadirkan kendaraan aman dan nyaman. Untuk itu, mereka mengikuti prosedur uji keselamatan dari lembaga indefenden.

Setiap kendaraan harus lolos durabilitas dan uji keamanan sebelum masuk tahap produksi. Semakin tinggi ratingnya maka semakin bagus standar keamanan mobil tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut lima mobil teraman saat kecelakaan berdasarkan pengujian ASEAN New Car Assessment Program (NCAP):

1. Isuzu MUX

Mobil Jepang ini mendapatkan rating 5 bintang dengan nilai 86,81 sebagai mobil teraman dalam uji tabrak. Mobil tersebut mendapatkan skore baik karena memiliki fitur keselamatan yang mampuni, di antarnya Line Deparature Warning, 2 SRS Airbag, rem ABS&EBD dan Traction Control.

2. Toyota Corolla Cross

Mobil baru bertipe SUV ini memiliki score paling bagus. Toyota Corolla Cross mendapatkan rating 5 bintang dengan nilai 88,61. Penilaian rating didasari materi publikasi hasil tes uji tabrak ASEAN NCAP pada tahun lalu.

Sementara nilainya dihitung melalui poin penggabungan dari beberapa pengujian seperti uji tabrak depan, uji tabrak samping, uji tabrak sebagian. Selain itu, mobil rakitan Jepang ini juga memiliki fitur keselamatan, seperti ABS, EBD& BA dan 7 SRS airbag.

3. Nissan Kicks E Power

Mobil listrik rakitan Jepang ini juga mendapatkan rating 5 dengan skor 86,93. Fitur keselamatan yang dimiliki crossover kompak ini terdapat 2 SRS Airbag, ABS, EBD & BA, dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

4. MG ZG

Mobil asal Inggris Morris Garage yang kini dmiliki perusahaan China ini juga mendapatkan bintang dan skor yang baik. MG ZG mendapatkan 5 bintang dengan nilai 81,00. Peranti yang disematkann pada mobil ini terdapat 2 SRS airbag, rem ABS & EBD, ESC (Electronic Stability Control), serta Safetybelt Reminder System.

5. Mitsubishi Outlander PHEV

Selanjutnya ada Mitsubushi Outleder PHEV. Mobil ini mendapatkan rating terbaik dalam uji tabrak ASEAN NCAP.

SUV Plug-in Hybrid tersebut mendapatkan rating 5 bintang dengan nilai 83,54. Mobil ini mendapatkan rating baik karena memiliki fitur keselamatan yang lengkap, seperti airbags, rem ABS, ESC.

Artikel Asli