China Patenkan Mobil Mirip VW Beetle, Volkswagen Pasrah

Otomotif | inewsid | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:48
China Patenkan Mobil Mirip VW Beetle, Volkswagen Pasrah

BEIJING, iNews.id - Great Wall Motor telah memerkan mobil listrik yang mirip dengan VW Beetle, ORA Punk Cat di Shanhglai Auto Show pada April 2021. Mengingat desainnya yang identik adakah kekhawatiran dari Volkswagen (VW)?

Dilansir dari Carscoops , Selasa (7/7/2021), Great Wall bahkan telah mematenkan dua desain mirip Beetle lima pintu. Ini tidak hanya dilakukan di China, tetapi di Eropa dengan mendaftarkannya ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (UE IPO).

Menurut dokumen yang tersebar secara online, Great Wall mengajukan dua aplikasi Registered Community Design (RCD) pada 3 Juni 2021, yang kemudian disetujui pada 11 Juni. RCD memberikan hak eksklusif di semua negara anggota Uni Eropa saat ini dan di masa depan.

Ini akan mengejutkan jika VW tidak ingin melindungi desainnya, meskipun VW telah membunuh Beetle pada 2019 dan mengklaim tidak tertarik membawanya kembali sebagai EV (kendaraan listrik).

Namun, ORA adalah mobil listrik lima pintu bertenaga baterai, hal yang tidak pernah dimiliki Beetle (meskipun mungkin seharusnya jika VW serius tentang kelangsungan hidupnya).

Salah satu mobil yang dipatenkan adalah ORA Punk Cat. Ini adalah mobil lima pintu berbentuk Beetle dengan lampu depan melingkar dipasang di spatbor miring dan serangkaian bilah horizontal tepat di depan setiap pintu depan, mungkin menutupi port pengisian daya. Bahkan memiliki roda yang sama.

Desain mobil kedua tampaknya lebih kartun dan lebih retro. Overrider bergaya 1960-an, di antara keduanya lebih besar, dan lampu depan berbentuk seperti irisan roti panggang, memberikan tampilan nyata pada mobil.

Roda lebih polos, pintu belakang tampak memotong ke spatbor, dan hidung lebih menonjol, seperti Bug asli versi 1970-an. Ada juga spoiler bebek di bawah jendela belakang.

Meski sekilas desainnya tampak seperti dua variasi mobil yang sama, namun jika dilihat dari depan dan belakang, terlihat jelas perbedaannya. Mobil di Shanghai memiliki spatbor yang lebih lebar, atap lebih membulat, serta lubang palka belakang lebih sempit dan persegi. Namun, hal yang menarik kedua desain mobil China tersebut terlihat lebih mirip Beetle asli daripada Beetle modern.

Artikel Asli