Kurangi Lelah, Kursi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Gunakan Teknologi Nol Gravitasi NASA

Otomotif | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:33
Kurangi Lelah, Kursi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Gunakan Teknologi Nol Gravitasi NASA

SEOUL, iNews.id - Berbagai upaya dilakukan pabrikan mobil untuk menciptakan kendaraan yang nyaman dan aman. Salah satunya dilakukan Hyundai dengan menyematkan teknologi nol gravitasi yang dikembangkan lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA.

Dilansir dari Carscoops , Jumat (28/5/2021), teknologi ini disematkan pada kursi mobil listrik Ioniq 5 terbaru. Teknisi Ioniq meminta bantuan NASA untuk mengatur kursi mereka.

Menurut dokumen internal Hyundai, kursi pengemudi Ioniq 5 dirancang mengacu pada studi NASA, Evaluation of Neutral Body Posture on Shuttle Mission STS-57 (SPACEHAB-1) yang diterbitkan pada 2003.

Postur tubuh netral (NBP) adalah postur tubuh manusia dalam gaya berat mikro, dan pertama kali didokumentasikan NASA pada awal 1970-an menyelidiki bagaimana membuat pesawat ruang angkasa tidak hanya aman, tetapi juga nyaman bagi astronot.

Menarik untuk dicatat Ioniq 5 bukanlah mobil pertama yang mendapat manfaat dari penelitian gravitasi nol NASA. Hyundai Sonata generasi kedelapan juga tersedia dengan Comfort Seat yang dapat direbahkan dan dimiringkan ke posisi gravitasi nol dengan satu sentuhan tombol.

Nissan juga mendapat manfaat dari data NASA. Pada 2005, insinyur Nissan mulai menggunakan penelitian NBP NASA untuk mengembangkan rangkaian kursi mobil baru yang akan mengurangi kelelahan pengemudi.

Nissan menyadari tubuh merosot secara alami untuk mengurangi kelelahan, tetapi itu menyebabkan tulang belakang menekuk, memberi tekanan pada punggung bawah, dan menyebabkan lebih banyak kelelahan.

Solusi Nissan adalah kursi dengan 14 titik tekanan akan menempatkan tubuh pada posisi netral. Pada 2007 membuktikan prototipe kursi ini dapat mengurangi kelelahan selama perjalanan jarak jauh di jalan tol sebesar 50 persen. 5 tahun kemudian memulai debutnya pada Altima 2013 sebelum menyebar ke mobil Nissan lain.

Artikel Asli