Loading...
Loading…
Mercedes-Benz Pajang Replika Mobil Pertama di Dunia

Mercedes-Benz Pajang Replika Mobil Pertama di Dunia

Otomotif | sindonews | Sabtu, 08 Februari 2020 - 19:01

JAKARTA - Merayakan setengah abad berada di Indonesia, Mercedes-Benz menyerahkan sebuah replika mobil pertama di dunia yang bernama Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor) kepada Museum Nasional Indonesia.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun, menyebut unit yang didonasikan ini merupakan salah satu replika dari total 90 unit Benz-Patent Motorwagen yang ada di dunia.

"Kami gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia, Benz-Patent Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia menjalankan misinya mengedukasi wilayah Indonesia dan sejarahnya," ujarnya saat penyerahan unit di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Kendati demikian, replika mobil Benz Patent-Motorwagen hanya akan dipajang mulai 8 hingga 15 Februari 2020 dalam pameran sementara yang bertahuk "Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mecedes-Benz di Indonesia".

Kemudian Jun menceritakan sejarah panjang Mercedes-Benz di Indonesia yang di awali pada 1894. Kendaraan bermotor pertama hadir di pulai Jawa yakni Benz Victoria Phaeton yang dimiliki oleh Sultan Solo, Pakoe Boewono X.

Mobil tersebut dipesan dari sebuah perusahaan yang belokasi di Passer Besar di Surabaya. Benz Victoria Phaeton diimpor langsung dari Eropa dengan harga 10.000 Gulden. Kendaraan tersebut memiliki tenaga 5 hp, mesin satu silinder dengan perpindahan 2,0 liter.

Untuk diketahui, mobil pertama di dunia ditetapkan pada 29 Januari 1886. Bermula dari Carl Benz yang mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya untuk pertama kali di Berlin.

Sebagai sebuah mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen disebut menjadi simbol kepioniran dari semangat kesempurnaan. Pada waktunya, kendaraan bermotor roda tiga ini menunjukkan bahwa mobilitas telah mencapai era baru.

Original Source

Topik Menarik