Mobil Kembar Baru Toyota Subaru Terjawab, GR86 dan BRZ

Otomotif | sindonews | Published at Senin, 05 April 2021 - 11:37
Mobil Kembar Baru Toyota Subaru Terjawab, GR86 dan BRZ

JEPANG - Toyota dan Subaru akhirnya secara resmi membuka selubung mobil kembar terbaru mereka yakni Toyota GR86 dan Subaru BRZ hari ini. Kehadiran mobil kembar ini menjawab spekulasi sebelumnya yang mengatakan mobil kembar baru mereka adalah bentuk terbaru dari mobil reli legendaris Subaru WRX dan Toyota Celica.

Baca juga : Lamborghini Pasang Asisten Virtual di Huracan Evo

Alih-alih Toyota dan Subaru tetap mempertahankan mobil kembar mereka sebelumnya yakni Toyota 86 dan Subaru BRZ. Bedanya kali ini Toyota 86 hadir dengan sentuhan Gazoo Racing yang membuat kedua mobil ini jadi lebih bertenaga.

Jika dulu Toyota 86 dan Subaru BRZ memiliki tenaga maksimal 207 daya kuda, kini kedua mobil kembar itu justru memiliki tenaga maksimal 235 daya kuda. Torsi maksimal juga jadi melimpah hingga 250 Nm atau naik 38 Nm dibanding Subaru BRZ dan Toyota 86 lama.

Penambahan tenaga ini terjadi bukan karena adanya induksi turbo. Alih-alih Subaru dan Toyota memutuskan untuk menggunakan mesin baru 2,4 liter menggantikan mesin 2,0 liter sebelumnya.

Baca juga : Harley-Davidson Pan America Jadi Motor Terbaik Bangkok Motor Show

Tidak hanya tenaga dan spesifikasi mesin yang berubah. Subaru BRZ dan Toyota GR86 juga mengalami perubahan dimensi. Kini keduanya memiliki dimensi (P x L x T) 4.265 mm x 1.775 mm x 1.310 mm. Sebelumnya dimensi mobil kembar Jepang itu adalah (P x L x T) 4.240 mm x 1.775 mm x 1.320 mm.

Penambahan dimensi membuat ruangan Subaru BRZ dan Toyota GR86 jadi lebih lega. Hal ini berkat penambahan wheelbase yang mencapai 2.575 mm atau lebih panjang 5 milimeter ketimbang Toyota 86 dan Subaru BRZ lama.

Kedua mobil ini hadir dalam dua pilihan transmisi yakni manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Seluruh tenaga dan torsi dialirkan ke roda belakang yang membuatnya jadi lebih menarik dikendarai. Setting suspensi dan beberapa part aerodinamika yang dibuat oleh Toyota Gazoo Racing diklaim juga mampu membuat mobil ini jadi raja tidak hanya di jalan tapi juga sirkuit dan medan reli.

Artikel Asli