Loading...
Loading…
Super Seru, Ini 5 Pertandingan Tunggal Putra Terlama di Australia Terbuka

Super Seru, Ini 5 Pertandingan Tunggal Putra Terlama di Australia Terbuka

Olahraga | indosport.com | Kamis, 04 Februari 2021 - 15:16

INDOSPORT.COM Satu dari empat turnamen tenis terbesar kelas dunia atau Grand Slam, Australian Open, menyimpan banyak momen epik, salah satunya pertandingan sengit dengan durasi yang sangat lama.

Dalam dunia olahraga, satu poin dalam pertandingan selalu layak diperebutkan. Tidak heran, banyak pertandingan yang berlangsung dengan durasi yang sangat panjang demi meraih kemenangan dari poin demi poin yang diperjuangkan.

Menyambut gelaran Australian Open 2021, INDOSPORT mengulas lima pertandingan tunggal putra dengan durasi terpanjang sepanjang sejarah turnamen ini.

Novak Djokovic vs Stanislas Wawrinka

Pada babak 16 besar Australian Open 2013, laga Novak Djokovic kontra Stanislas Wawrinka berjalan sangat seru hingga harus berakhir pada pukul 1.41 dini.

Turun sebagai unggulan pertama dan berstatus juara bertahan, Djokovic bertemu Wawrinka yang kala itu memiliki posisi cukup jauh dari dirinya, yakni unggulan ke-15.

Meskipun beda jauh dalam peringkat dan rekor, persaingan berjalan intens bahkan Wawrinka berhasil merebut poin awal hingga meraih kemenangan pada set pertama dengan 6-1.

Djokovic bangkit dan akhirnya menutup pertandingan dnegan kemenengan 1-6, 7-5, 6-4, 6-7(5), 12-10. Tercatat, pertandingan ini berjalan selama 5 jam 2 menit.

Baca Juga :
Tunggal Putra Disorot Jelang Indonesia Masters, Ini Kata Ginting

Boris Becker vs Omar Camporese

Rekor pertandingan terlama berikutnya ditorehkan pada laga Boris Becker versus Omar Camporese pada babak ketiga Australian Open 1991.

Sedari awal permainan, Becker dan Camporese terjerat reli yang sangat ketat. Kejar-kejaran poin pun tak terelakkan pada dua set awal hingga imbang 6-6 dan harus dilanjutkan dengan tie break. Pada akhirnya, Boris Becker keluar sebagai pemenang dengan skor 7-6 (4), 7-6 (5), 0-6, 4-6, 14-12.

Melewati babak ini dalam 5 jam 11 menit, Boris Becker melaju terus hingga akhirnya meraih gelar Australian Open pertamanya.

Rafael Nadal vs Fernando Verdasco

Pertandingan terlama selanjutnya terjadi pada babak semifinal 2009 yang mempertemukan dua petenis Spanyol, Rafael Nadal dan Fernando Verdasco.

Pertandingan sudah berjalan sejak set pertama hingga mencapai poin imbang dan terjadi set break. Pola berulang terjadi pada set ketiga dan set kelima.

Pertandingan berakhir untuk kemenangan Nadal dengan skor akhir 6-7(4), 6-4, 7-6(2), 6-7(1), 6-4. Pertandingan ini berlangsung selama 5 jam 14 menit.

Baca Juga :
Duel Sengit Djokovic dan Federer Grand Slam 2019

Ivo Karlovic vs Horacio Zeballos

Peringkat kedua pertandingan terlama dicatat oleh salah satu pemain tertinggi di ATP Tour dari Kroasia, Ivo Karlovic, saat bertemu petenis Argentina, Horacio Zeballos, pada babak pertama Australia Open 2017.

Karlovic merupakan salah satu pemain dengan catatan ace terbanyak di Australian Open dengan total 75 kali, atau terbanyak keempat di semua turnamen Grand Slam. Sementara itu, Zeballos dalam posisi tidak diunggulkan.

Di luar dugaan, Zeballos mampu memenangi dua set pertama dan membuat Karlovic kewalahan. Namun, Karlovic berhasil membalikkan keadaan dan akhirnya menang dengan 6-7 (6), 3-6, 7-5, 6-2, 22-20.

Laga ini terhitung berlangsung selama 5 jam dan 22 menit.

Novak Djokovic vs Rafael Nadal

Para pencinta tenis tentu tidak akan pernah melupakan laga yang diakui sebagai pertandingan Grand Slam terhebat sepanjang masa yang satu ini.

Bagaimana tidak? Dua raja tenis tunggal putra dunia, Novak Djokovic dan Rafael Nadal, bertemu pada babak final Australian Open yang diselenggarakan pada 29 Januari 2012, di Rod Laver Arena, Melbourne.

Laga yang berlangsung selama 5 jam 53 menit ini berakhir untuk kemenangan Djokovic dengan skor57, 64, 62, 67(5), 75.

Original Source

Topik Menarik