Ibtihaj Muhammad, Atlet Muslim Amerika Pertama yang Kenakan Hijab di Olimpiade

Olahraga | okezone | Published at Minggu, 31 Januari 2021 - 21:17
Ibtihaj Muhammad, Atlet Muslim Amerika Pertama yang Kenakan Hijab di Olimpiade

NEW JERSEY - Ibtihaj Muhammad merupakan salah satu atlet muslim dari Amerika Serikat. Ia sempat menjadi sorotan setelah menjadi atlet perempuan muslim pertama Amerika Serikat yang memakai hijab saat membela negaranya di Olimpiade.

Ketangguhan atlet kelahiran 12 April 1985 ini pun tak perlu diragukan lagi. Ibtihaj bahkan berhasil menyabet medali perunggu pada keikutsertaannya di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, yang berlangsung 2016.

Ibtihaj Muhammad lahir dan dibesarkan di Maplewood, New Jersey. Anak dari pasangan Eugene dan Denise Muhammad ini sejak muda sudah menunjukkan kecintaannya pada olahraga.

Akan tetapi, partisipasinya dalam bidang olahraga kadang bertentangan dengan ketaatan agama yang mewajibkannya berpakaian sopan. Seringkali saat olahraga, sang ibu meminta Ibtihaj untuk mengenakan lengan panjang serta penutup kaki.

Ibtihaj akhirnya memutuskan untuk terjun menggeluti olahraga anggar di usia 13 tahun. Salah satu alasannya karena anggar menggunakan pakaian tertutup dari kepala hingga ujung kaki. Sesuai dengan kepercayaan Islam yang mereka anut, orang tua Ibtihaj mencarikan olahraga untuk Ibtihaj di mana ia bisa mempertahankan jilbabnya.

"Karena semuanya tertutup, ibuku menyarankan agar aku mencobanya. Sebagai seorang wanita Muslim, olahraga itu sesuatu yang bisa disesuaikan. Agama saya mengharuskan tubuh saya tertutup sepenuhnya dan anggar memberikan hal itu," kata Ibtihaj dilansir dari laman Achieve.

Artikel Asli