Tragis, Liverpool Dipermalukan Burnley di Anfield

sindonews | Olahraga | Published at 22/01/2021 04:55
Tragis, Liverpool Dipermalukan Burnley di Anfield

LIVERPOOL - Liverpool dipermalukan Burnley pada pekan ke-19 Liga Primer 2020/2021 di Anfield, Kamis (21/1/2021) malam waktu lokal atau Jumat (22/1/2021) dini hari WIB. The Reds keok 0-1 meski mendominasi permainan.

Gol kemenangan Burnley tercipta di menit ke-83 dari titik putih. Penalti diberikan wasit Mike Dean setelah kiper Alisson Becker melakukan pelanggaran terhadap Ashley Barnes di area penalti.

Baca juga: Positif Covid-19, Aguero Absen Lebih Panjang.

Barnes yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan. Sepakannya dengan kaki kanan ke sudut kanan bawah gawang tak mampu dihalau Alisson.

Liverpool tetap tak mampu membalas meski di babak kedua menurunkan Roberto Firmino menggantikan Divock Origi dan Mohamed Salah masuk mengantikan Alex Oxlade-Chamberlain.

Baca juga: Mario Mandzukic Tentang Milan dan Kenangan Bersama Mantan.

Catatan statistik BBC, hingga akhir babak kedua Liverpool menguasai bola hingga 72% berbanding 28% milik tim tamu. Ada 27 tembakan mengarah ke gawang, namun hanya enam tepat sasaran dengan tanpa gol. Sedangkan Burnley melepaskan enam tembakan dan empat tepat ke gawang.

Baca juga: Telikung Josef Bican, Ronaldo Cetak Rekor Pencetak Gol Terbanyak Dunia.

Dengan hasil ini Liverpool tertahan di peringkat 4 klasemen sementara dengan 34 poin. The Reds tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Manchester United. Sedangkan Burnley naik ke undakan 16 dengan 19 poin.

Jalan pertandingan babak pertama

Liverpool menyerang sejak awal. Percobaan pertama dicptakan Fabinho pada menit ketiga. Sundulan dari bagian tengah kotak 16 meleset ke kiri. Xherdan Shaqiri memberi assist dengan umpan silang melanjutkan tendangan sudut.

Sedangkan di menit ke-21, tembakan kaki kiri Shaqiri dari luar kotak 16 melebar setelah mendapat umpan Georginio Wijnaldum. Pada menit ke-23, giliran Alex Oxlade-Chamberlain melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak 16, namun diamankan kiper Nick Pope.

Tembakan kaki kanan Divock Origi dari luar kotak 16 pada menit ke-29 juga diselamatkan kiper Nick Pope di sudut kanan bawah. Origi meneruskan assist Andrew Robertson.

Catatan statistik BBC, The Reds menguasai bola hingga 68% berbanding 32% milik tim tamu. Ada 13 tembakan yang dilepaskan Liverpool dengan empat sepakan mengarah ke gawang, dua diblok dan sisanya melebar. Sebaliknya, Burnley hanya melepaskan tiga tembakan tepat ke gawang.

Kekelahan ini seklaigus mencatatkan Liverpool gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir Liga Primer musim ini. Sedangkan Burnley mencatatkan rekor menterang dengan mengalahkan lima tim berbeda yang mereka hadapi sebagai juara bertahan di Liga Primer, yakni mengalahkan Manchester United pada 2009/2010, Manchester City pada 2014/2015, Leicester City pada 2016/2017, Chelsea pada 2017/2018, dan Loiverpool pada 2020/2021.

Susunan pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Fabinho, Andrew Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Thiago Alcantara, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Sadio Mane, Divock Origi

Cadangan: Kelleher, Milner, Firmino, Salah, Jones, Minamino, Tsimikas, Phillips, Williams

Pelatih: Juergen Klopp

Burnley (4-4-2): Pope; Taylor, Mee, Tarkowski, Lowton; Brady, Westwood, Brownhill, McNeil; Barnes, Wood.

Cadangan: Peacock-Farrell, Pieters, Long, Bardsley, Cork, Gudmundsson, Stephens, Vydra, Rodriguez.

Pelatih: Sean Dyche

Artikel Asli