Loading...
Loading…
Senin Andrenalin : Mengenal Paragliding

Senin Andrenalin : Mengenal Paragliding

Olahraga | skor.id | Senin, 16 November 2020 - 14:00

SKOR.id - Paragliding atau biasa disebut juga dengan paralayang merupakan olahraga yang memacu adrenalin karena dilakukan di ketinggian.

Olahraga ini muncul sekitar tahun 1980-an dan terus berkembang. Untuk kali pertama, paralayang menggelar Kejuaraan Dunia di Kossen, Austria,pada1989.

Namun, di Indonesia, paralayang muncul awal 1990 yang ditandai dengan berdirinya Mega Raya Paralayang Indonesia (MERAPI) di Yogyakarta.

MERAPImerupakan klub dan sekolah paralayang pertama di Indonesia hingga kerap disebutsebagaicikal olahraga yang tergolong ekstrem ini.

Persatuan Layang Gantung Indonesia (PLGI) merupakan induk organisasi olahraga ini di Tanah Air. Mereka di bawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Terbang dari dataran tinggi, paralayang mengandalkan angin. Jika cuaca buruk, olahraga ini tak bisa dimainkan karena berisiko tinggi.

Namun, paralayang diyakini menghadirkan sensasi berbeda karena membuat penikmat olahraga ini bisa menikmati alam dari ketinggian.

Paralayang tak menggunakan mesin untuk terbang, melainkan parasut dan angin. Para pilot juga bertumpu pada kaki untuk lepas landasmaupunmendarat.

Baca Juga :
Kemenpora Gelar Kejuaraan Paragliding Di Batam

Meski tergolong ekstrem, risiko dari paralayang bisa diminimalisir. Syaratnya,mematuhi prosedur untuk menekan tingkat kecelakaan.

Oleh karena itu, para penikmat paralayang, terutama pemula, harus memperhatikan betul beberapa hal agar dapat terbang dengan aman dan nyaman.

Salah satunya dengan didampingi instruktur profesional.Beberapa perlengkapan wajib adalah parasut utama dan cadangan, harness , dan helm.

Perlengkapan yang mendukung seseorang untuk "terbang", antara lain: baju terbang, variometer , radio/HT, GPS, windmeter , hingga peta lokasi.

Jenis parasut yang digunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan dan berat penerbang.Setidaknya ada tiga jenis parasut paralayang.

Ketiga jenis tersebut adalah parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang profesional.

Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbang. Ukuran yang tersedia, antara lain XS, S, M, L serta LL, untuk mereka yang tandem.

Adapun untuk spot paragliding, Indonesia memiliki beberapa lokasi yang bisa dijadikan pilihan sepertiPuncak Lawang, Maninjau, Sumatera Barat.

Baca Juga :
Pencak Silat Dihapus dari Asian Games 2022, Indonesia Rugi Besar!

Tempat ini termasuk yang terbaik di Asia Tenggara. Bahkan, sempat dijadikan lokasi Agam World Cup Paradigling pada 2013.

Kemudian, Gunung Banyak di Malang,yang menawarkan panorama alam Malang yang begitu indah.Ada pula,Bukit Timbis, Kuta, Bali.

Sedangkan untuk mereka yang berada di wilayah Jabodetabek, spot terdekat adalah Bukit GantoleParalayang Puncak.

Asian Games

Saat jadi tuan rumah Asian Games XVIII/2018, Indonesia memasukkan paralayang. Hasilnya, Merah Putih keluar sebagai juara umum.

Jafro Megawanto dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu dalam Asian Games.

Ikuti juga Instagram , Facebook , YouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

BeritaSenin Adrenalin Lainnya:

Senin Adrenalin: Mengenal Panjat Tebing

Senin Adrenalin: Mengenal Triatlon &

Original Source

Topik Menarik

{