Kalahkan Inggris, Belgia Mantap di Puncak Grup A2 UEFA Nations League

Olahraga | inewsid | Published at Senin, 16 November 2020 - 04:58
Kalahkan Inggris, Belgia Mantap di Puncak Grup A2 UEFA Nations League

LEUVEN, iNews.id - Timnas Belgia memantapkan diri di puncak klasemen Grup A2 UEFA Nations League 2020/2021 usai sukses mengalahkan Inggris 2-0 pada matchday kelima di Den Dreef Stadion, Senin (16/11/2020) dini hari WIB.

Begitu laga dimulai, kedua tim saling jual beli serangan. Inggris tak gentar melancarkan tekanan ke pertahanan Belgia. Namun, tuan rumah tampil lebih dominan dalam menguasai bola.

Belgia kemudian sukses unggul pada menit kesepuluh. Youri Tielemans mencetak gol ke gawang The Three Lions yang dikawal Jordan Pickford usai memaksimalkan umpan Romelu Lukaku.

Tim asuhan Roberto Martinez itu kemudian menggandakan keunggulannya pada menit ke-23. Kali ini, giliran Dries Mertens yang berhasil memasukkan bola ke sudut kiri gawang Inggris.

Tertinggal, Inggris kemudian berusaha bangkit. Pada menit ke-34, Jack Grealish membangun serangan dan memberikan umpan ke Mason Mount. Sayang, tendangan voli Mount belum menemui sasaran.

Peluang kembali didapatkan Inggris pada menit ke-45. Kali ini, Harry Kane menggiring bola dan melepaskan tembakan. Tetapi, upayanya juga digagalkan kiper Belgia, Thibaut Courtois, dan babak pertama usai.

Ketika babak kedua dimulai, baik Inggris dan Belgia kembali sama-sama menyerang. Tetapi, kedua tim belum ada yang bisa memaksimalkan peluang dengan maksimal.

Inggris nyaris memangkas ketertinggalannya pada menit ke-57. Kane kembali menebar ancaman dengan melepaskan tembakan. Meski begitu, tendangannya kembali ditepis Courtois.

Karena tak kunjung membuat gol, Pelatih Inggris Gareth Southgate mulai merobak skuatnya. Dia memasukkan Dominic Calvert-Lewin dan Jadon Sancho pada menit ke-69. Mereka berdua menggantikan Mason Mount dan Kieran Trippier.

Namun, upaya Inggris itu tak memberikan hasil. Belgia justru makin bebas menyerang dan hampir menambah keunggulan pada menit ke-77. Beruntung, tembakan Lukaku bisa dihalau Pickford.

Meski begitu, Inggris terus berusaha untuk bangkit. Kane menjadi tulang punggung serangan Inggris dan kembali mendapat peluang pada menit ke-83. Sayang, tembakannya masih melebar, dan gagal memangkas skor sampai laga usai.

Akibat hasil ini, Inggris terdampar di peringak ketiga klasemen Grup A2 dengan poin 7. Mereka tertinggal 5 angka dari Belgia yang kokoh di puncak tabel.

SUSUNAN PEMAIN    
BELGIA (3-4-2-1)    
Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, Witsel, Tielemans, Thorgan Hazard; Mertens (Praet 83), De Bruyne; Lukaku.    
Pelatih: Roberto Martinez

INGGRIS (3-4-2-1)    
Pickford; Walker, Dier, Mings; Trippier (Sancho 70), Rice, Henderson (Winks 46), Chilwell (Saka 38); Mount (Calvert-Lewin 69), Grealish; Kane.    
Pelatih: Gareth Southgate

Artikel Asli