Kalahkan Polandia, Italia Gusur Belanda dari Puncak Klasemen

Olahraga | republika | Published at Senin, 16 November 2020 - 04:49
Kalahkan Polandia, Italia Gusur Belanda dari Puncak Klasemen

REPUBLIKA.CO.ID, REGGIO EMILIA -- Italia menggusur Belanda dari puncak klasemen grup A 1 UEFA Nations League setelah menang 2-0 atas Polandia, Senin (16/11) dini hari WIB. Dua gol Italia dicetak Jorginho melalui titik putih dan Domenico Berardi.

Italia mengambil inisiatif menyerang sejak pertandingan baru dimulai. Andrea Belotti membuat percobaan dengan melakukan tembakan kaki kanan. Namun tendangannya masih melebar  ke sisi kanan.

Pemain Juventus Federico Bernardeschi nyaris nyaris membuka keunggulan untuk Italia jika tembakan kaki kirinya tak berhasil diselamatkan gawang. Polandia perlahan merespon dengan mencoba keluar dari tekanan.

Robert Lewandowski menciptakan peluang untuk Polandia pada menit ke-22 melalui skema tendangan bebas tetapi belum berbuah gol. Polandia harus tertinggal 1-0 pada menit ke-26 ketika wasit memberikan hadiah pinalti untuk Italia.

Pemain Polandia Grzegorz Krychowiak melakukan pelanggaran di area terlarang. Jorge Luis Frello atau Jorginho yang mengambil eksekusi pinalti sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Italia tak puas dengan hanya mencetak satu gol. Belotti adalah pemain yang sering menciptakan peluang gol ke gawang Polandia. Namun beberapa percobaan yang dilakukan selalu gagal. Pada menit ke-32, percobaann Belotti berhasil digagalkan memanfaatkan assist Manuel Locatelli.

Mendapatkan serangan bertubi-tubi memaksan Polandia harus bermain sedikit bertahan guna menghindari gawangnya kebobolan lebih banyak. Hingga babak pertama usia skor 1-0 untuk keunggulan Italia.

Pada babak kedua Polandia melakukan beberapa pergantian pemain. Itu dimaksudkan untuk mengejar ketertinggalan 1-0. Pada menit ke-47 Polandia langsung membuat peluang lewat tembakan Kamil Grosicki namun berhasil diblok.

Barella membalas serangan Polandia dengan menciptakan ancaman pada menit ke-49. Ia melakukan percobaan tembakan kaki kanan memanfaatkan umpan Bernardeschi. Lorenzo Insigne juga membuat percobaan membahayakan.

Ia menembak bola lewat kaki kanan tetapi berhasil diblok. Italia perlahan mulai nyaman mengatur tempo permainan. Sementara Polandia tampak bernafsu menyamakan kedudukan namun dengan tetap memasang kewaspadaan mengingat Azzuri melakukan serangan bertubi-tubi.

Polandia harus bermain dengan 10 orang setelah Jacek Goralski diganjar kartu merah setelah mendapatkan dua kartu kuning. Situasi ini semakin menyulitkan Polandia menyamakan kedudukan. Sebaliknya Italia lebih leluasa melakukan serangan.

Italia tak menyia-nyiakan keunggulan pemain dengan meningkatkan tekanan. Hasilnya mereka menggandakan keunggulan melalui tembakan kaki kanan Domenico Berarrdi yang tak terbendung. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini menggusur Belanda dari posisi puncak klasemen. Sedangkan Polandia duduk di posisi ketiga di bawah Belanda pada urutan kedua.

Artikel Asli