STY Gemetar Dengar Namanya Diteriakkan Ribuan Suporter Timnas Indonesia

STY Gemetar Dengar Namanya Diteriakkan Ribuan Suporter Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Senin, 17 Juni 2024 - 08:59
share

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengaku gemetar mendengar namanya diteriakkan ribuan suporter Tim Garuda saat menang 2-0 kontra Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024). 

Kemenangan itu memastikan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia. STY mengukir sejarah menjadi pelatih pertama yang membawa Tim Garuda ke putaran ketiga. 

Bukan itu saja, hasil itu juga memastikan Tim Garuda mentas di Piala Asoa 2027. Itu artinya, STY menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia untuk dua edisi beruntun.  

Saat Tim Garuda menggilas Timnas Filipina, puluhan ribu suporter memadati SUGBK. Usai pertandingan, mereka merayakan keberhasilan Timnas Indonesia bersama STY dan pasukannya. Para suporter berkali-kali menyebut nama STY secara bersamaan. 

"Saya gembira bisa membuat sejarah baru di sepak bola Indonesia dengan lolos ke putaran ketiga kualifikasi," ujar STY dikutip dari Slist KR, Senin (17/6/2024). 

"Saya sampai gemetar ketika lebih dari 80 ribu penonton yang memenuhi stadion berteriak 'Shin Tae-yong' dan menyanyikan lagu tentang saya,” tuturnya. 

Lolos ke putaran ketiga membuat Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tim-tim elite Asia. Skuad Garuda yang diprediksi tergabung dalam pot 6 dipastikan segrup dengan salah satu dari 
Iran, Jepang, atau Korea Selatan. 

Di antara tiga tim besar itu, STY mengaku  sangat ingin Indonesia bertemu dengan Korea Selatan. Menurutnya, Korea Selatan pilihan paling 'aman' dibandingkan raksasa Asia lainnya. 

"Saya menginginkan itu. Salah satu dari tiga tim besar seperti Korea Selatan, Jepang, dan Iran akan jadi lawan kami. Di Korea juga ada pro dan kontra, tapi saya merasa akan lebih baik lawan mereka dibandingkan tim lain," ucapnya.

Topik Menarik