Hasil Piala Asia U-23 2024: Jepang Libas 10 Pemain Qatar, Samurai Biru ke Semifinal

Hasil Piala Asia U-23 2024: Jepang Libas 10 Pemain Qatar, Samurai Biru ke Semifinal

Berita Utama | inews | Kamis, 25 April 2024 - 01:00
share

DOHA, iNews.id- Jepang melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Jepang menang 4-2 atas Qatar.

Laga berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis (25/4/2024) malam WIB. Qatar bermain 10 pemain sejak babak pertama.

Jepang berhasil membungkam Qatar saat babak pertama baru berjalan dua menit. Tendangan keras Fuki Yamada dari luar kotak penalti membuat kiper Qatar, Yousef Abdulrahman Baliadeh tak berkuti saat bola dengan muda masuk ke dalam gawangnya.

Sementara memasuki menit ke-11, Jepang dengan mudah membaca serangan Qatar. Ahmed Al-Rawi sukses membawa Qatar menyamakan keadaan, setelah sundulan pada menit ke-24 tak mampu diantisipasi kiper Jepang, Leo Kokubo.

Memasuki menit ke-35, Qatar mulai menunjukan penampilan agresif dan membuat Jepang harus meningkatkan pertahan untuk tak kembali kemasukan gol. Sementara pada menit ke-37 Jepang memiliki peluang untuk kembali memimpin, tetapi Mao Hosoya yang tak mendapatkan penjagaan tak mampu memaksimalkan umpan dari Kuryu Matsuki.

Sedangkan pada menit ke-41 wasit memberikan kartu merah kepada Yousef Abdulrahman Baliadeh, setelah dengan sengaja menendang Mao Hosoya. Sementara pada menit ke-45+3, Kein Sato yang terhindar dari jebakan offside gagal membawa Jepang unggul usai sundulannya justur melambung jauh.

Babak Kedua

Unggul jumlah pemain membuat Jepang langsung bermain menyerang pada awal babak kedua, tetapi Qatar mampu menjaga pertahanannya dengan baik. Namun Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- harus kemasukan usai sundulan Jassem Gaber Abdulsallam pada menit ke-49 tak mampu dijangkau Leo Kokubo.

Pada menit ke-53, Kota Takai tak mendapatkan penjagaan dan memiliki ruang terbuka untuk mencetak gol justru gagal memanfaatkan umpan usai bola dari umpan Fuki Yamada justru tak bisa dikuasai dengan baik. Seiji Kimura pun sukses membawa Jepang menyamakan keadaan pada menit ke-66, setelah sundulan dari umpan sepak pojok hanya membuat kiper Qatar, Ali Nader Mahmoud Karim terdiam.

Laga memasuki menit ke-75, Qatar harus bermain lebih bertahan usai Jepang meningkatkan permainan menyerang. Sedangkan sundulan Shota Fujio pada menit ke-77 masih melebar dari sasarn dan membuat skor masih belum berubah.

Meski mampu membuat Qatar bermain bertahan, tetapi Jepang kesulitan untuk menambah gol pada menit-menit akhir babak kedua. Ali Nader Mahmoud Karim beberapa kali melakukan penyelamatan penting, sehingga Jepang dan Qatar bermain imbang 2-2 hingga babak kedua berakhir.

Babak Tambahan

Penyelesaian akhir menjadi masalah Jepang untuk bisa mendapatkan gol cepat pada awal babak tambahan waktu pertama. Tekanan yang diberikan Jepang membuat para pemain Qatar mengalami kekalahan dan merasakan kram.

Usaha Jepang untuk bisa mendapatkan gol pun berbuah hasil pada menit ke-101 melalui Mao Hosoya yang mampu melepaskan diri dari jebakan offside para pemain Qatar. Gawang Al-Annabi -julukan Timnas Qatar- hampir kembali kemasukan pada awal babak tambahan waktu kedua, tetapi Naif Al-Hadhrami dengan sigap memotong umpan Shota Fujio.

Sementara pada menit ke-108, Qatar mencoba untuk membangun serangan tetapi para pemain Jepang dengan mudah untuk menghentikannya. Ali Nader Mahmoud Karim melakukan kesalahan fatal dalam mengantisipasi tendangan salah satu pemain Jepang dari luar kotak penalti, sehingga Kotaro Uchino yang berdiri bebas dengan mudah mencetak gol dan membuat Qatar tertinggal 4-2 pada menit 112.

Hingga babak tambahan waktu kedua berakhir, Qatar tak mampu mencetak satu gol pun dan membuat Jepang memastikan diri melaju ke babak semifinal. Jepang pun akan menghadapi pemenang antara Irak vs Vietnam untuk memperebutkan satu tempat di babak final Piala Asia U-23 2024.

Line Up Qatar vs Jepang:

Qatar: Yousef Abdulrahman Baliadeh; Al Hashmi Al Hussain Mohi Aldin, Mohammed Emad Aiash, Saif Eldeen Hassan Abdulkareem Fadlalla, Abdulla Alyazidi, Jassem Gaber Abdulsallam, Naif Al-Hadhrami, Moustafa Tarek Mashal, Abdullah Ismail Masoud Hareb Al Ali, Khalid Ali Sabah, Ahmed Al-Rawi.

Pelatih: Ilídio Vale.

Jepang: Leo Kokubo; Ayumu Ohata, Seiji Kimura, Kota Takai, Hiroki Sekine, Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita, Kein Sato, Kuryu Matsuki, Fuki Yamada, Mao Hosoya.

Pelatih: Go Oiwa.

Topik Menarik