Indonesia Cetak Sejarah Usai Kunci Status Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Indonesia Cetak Sejarah Usai Kunci Status Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 04:10
share

PHNOM PENH - Kontingen Indonesia hampir dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 setelah mengoleksi 128 medali emas hingga Rabu (7/6/2023) malam WIB. Keberhasilan itu menjadi sejarah dengan hattrick atau tiga kali berturut-turut Skuad Merah Putih meraih status juara umum ajang dua tahunan tersebut.

Jumlah 128 medali emas Indonesia sudah tak mampu lagi dikejar negara lain, terutama Thailand di posisi kedua saat ini. Hingga Rabu (7/6/2023) malam, Thailand mengoleksi 96 medali emas.

"Alhamdulillah puji syukur karena apa yang kita cita-citakan dan harapkan seluruh kontingen, pada malam ini bisa mencapai prestasi membanggakan. Kita sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun menyisakan dua hari pertandingan," kata Chef de Mission (Cdm) Indonesia, Andi Herman, dalam keterangan resminya, Rabu (7/6/2023).

Ya, sebagaimana diketahui, ASEAN Para Games 2023 masih akan berlangsung hingga 9 Juni mendatang. Bahkan, Indonesia justru berkesempatan untuk terus menambah pundi-pundi medali emas dari beberapa cabor, seperti tenis meja, bulu tangkis, sepak bola cp, maupun para catur.

"Ini menjadi sejarah baru Indonesia bisa tiga kali beruntun juara umum atau hattrick. Ini tidak mudah dicapai oleh negara lain dan hasil kerja keras banyak pihak sejak pelatnas hingga tiba di Kamboja," jelas Andi.

Hari ini, Tim Merah Putih menambah 28 medali emas dari atlet-atlet kebanggan Tanah Air. Cabor yang menyumbangkan medali emas tersebut hari ini ialah dari renang, voli duduk, atletik, angkat berat, dan para catur.

Cabor para renang menyumbang lima medali emas hari ini. Di antaranya ialah melalui Fajar Nur Hardianto (100 meter gaya dada putra SB4), Muhd Gerry Pahker (100 meter gaya dada putra SB6).

Sementara itu, Para Atletik panen medali emas hari ini seusai para atlet yang diturunkan tampil dengan sangat baik. Mereka menyumbangkan total sepuluh medali emas hari ini.

Tak ketinggalan, cabor para catur dan angkat berat juga turut serta menambah pundi-pundi medali emas Indonesia hari ini. Masing-masing cabor tersebut menyumbangkan enam keping medali emas.

Sementara itu, cabor voli duduk meraih medali emas setelah menumbangkan tuan rumah, Kamboja. Laga yang dilangsungkan di Elephant Hall, Morodok Techo, Phnom Penh, Rabu (7/6/20230) siang WIB itu berakhir dengan skor 3-2 (26-24, 25-22, 18-25, 18-25, 15-13) untuk Indonesia.

Topik Menarik