Resmi, Klubnya Cristiano Ronaldo dan Calon Timnya Benzema Dibeli Kerajaan Saudi

Resmi, Klubnya Cristiano Ronaldo dan Calon Timnya Benzema Dibeli Kerajaan Saudi

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 19:04
share

Berita Baru, Sepakbola Klubnya Cristiano Ronaldo , Al Nassr, serta calon timnya Benzema Al Ittihad dibeli oleh Kerajaan Saudi. Tidak hanya itu, dua klub besar lainnya yakni Al-Hilal dan Al Ahli juga dibeli.
Lewat Public Investment Fund (PIF) yang secara langsung dipegang oleh Pangeran Mohammed bin Salmem, empat klub itu menjadi satu manajemen.

Lewat media sosialnya, PIF mengonfirmasi telah memprivatisasi empat klub raksasa Arab Saudi, yakni Al Nassr, Al Hilal, Al Ittihad, dan Al Ahli. Keempatnya kini berada di bawah naungan PIF.

Sebagai bagian dari pengumuman Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga hari ini, empat klub Saudi yakni Al Ittihad, Al Ahli, Al Nassr, dan Al Hilal, telah diubah menjadi perusahaan, yang masing-masing dimiliki PIF dan yayasan nirlaba untuk setiap klub, tulis pernyataan PIF.

PIF sendiri adalah Lembaga Kekayaan Arab Saudi, yang dikontrol langsung Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Sebagai lembaga investasi negara Arab Saudi, PIF ditaksir punya kekayaan mencapai Rp 6000 triliun lebih.

Sebelumnya, Public Investment Fund juga sudah mengakusisi klub Premier League, Newcastle United, pada 2021. Namun, akuisisi itu sempat ditentang, karena Arab Saudi dianggap negara yang masih banyak melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Sementara keempat klub yang kini diprivatisasi, yakni Al Nassr, Al Hilal, Al Ittihad, dan Al Ahli, merupakan raksasa di Arab Saudi. Selain Al Ahli, tiga klub lainnya tengah berlaga di Saudi Pro League atau liga tertinggi di Arab Saudi.

Al Nassr, Al Hilal, dan Al Ittihad bahkan terlihat sedang membangun megaproyek sepakbola. Caranya adalah mendatangkan banyak pemain top.

Al Nassr sudah sukses menggaet Cristiano Ronaldo akhir tahun lalu. CR7 kabarnya dibayar 200 juta Euro atau setara Rp 3 triliun lebih per tahun.

Kemudian Al Ittihad dikabarkan akan segera mendatangkan Karim Benzema. Penyerang Prancis itu bakal mengikuti jejak Cristiano Ronaldo meramaikan Saudi Pro League. Kabarnya, Benzema akan dibayar 400 juta Euro untuk dua musim.

Sementara Al Hilal kabarnya sedang berusaha menggaet Lionel Messi. Pemilik 7 Ballon dOr itu disebut akan dibayar 400 juta Euro per tahun atau setara Rp 6,5 triliun!

Dengan kini Public Investment Fund menjadi pemilik langsung, bukan tak mungkin mega proyek besar-besaran akan dijalankan Al Nassr, Al Hilal, Al Ittihad, dan Al Ahli. Artinya, bintang-bintang Eropa top lainnya bukan tak mungkin akan hijrah ke Arab Saudi.
Dengan datangnya Cristiano Ronaldo, Benzema, dan Messi, maka dipastikan Saudi Pro League bakal menjadi liga sorotan dunia.

Topik Menarik