Gagal Podium di F1 GP Spanyol 2023, Fernando Alonso Bantah Aston Martin Menurun

Gagal Podium di F1 GP Spanyol 2023, Fernando Alonso Bantah Aston Martin Menurun

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 02:33
share

BARCELONA Pembalap Aston Martin, Fernando Alonso gagal mencapai podium pada balapan F1 GP Spanyol 2023. Ia membantah Aston Martin telah menurun.

Pada balapan F1 GP Spanyol 2023, Fernando Alonso hanya mampu finis ketujuh saja. Dalam balapan pada Minggu (4/6/2023) itu, Alonso mengaku bikin kesalahan saat kualifikasi.

Alonso sebenarnya tampil luar biasa di awal musim ini. Dari enam seri yang sudah berjalan, dia mampu mengamankan empat podium ketiga, satu runner up dan sekali finis di posisi keempat.

Akan tetapi, juara F1 dua kali itu hanya bisa finis di posisi ketujuh dalam balapan kandangnya di Sirkuit Catalunya pada akhir pekan lalu. Padahal, sebelumnya dia sesumbar bisa raih kemenangan perdananya dalam 10 dekade terakhir bisa dicapai di depan publiknya sendiri.

Namun, pembalap berusia 41 tahun tersebut memang mengalami nasib sial saat kualifikasi di mana bagian bawah bodi mobilnya mengalami kerusakan. Alhasil, dia memulai balapan dari posisi sembilan saja dan akhirnya finis di urutan ketujuh.

Ditanya apakah Aston Martin mulai melemah, Alonso dengan tegas membantahnya. Dia menilai bahwa dirinya hanya terpeleset saat kualifikasi sehingga tak bisa finis lebih baik seperti sebelum-sebelumnya.

"Kami tidak bisa mengendarai kecepatan yang sama seperti di balapan sebelumnya, tidak peduli menggunakan ban apa, kami tidak bisa mengikuti Mercedes (Lewis Hamilton dan George Russel finis kedua dan ketiga) hari ini, kata Hamilton dilansir dari Speedweek, Senin (5/6/2023).

Tapi aku tidak khawatir.Di Kanada kami akan bangkit.Kualifikasi adalah kelemahan kami di sini, tambahnya.

Lebih lanjut, Alonso kembali menegaskan bahwa kekuatan Aston Martin tidak melemah. Dia sangat yakin bahwa posisi startnya sangat menentukan hasil balapan dan dia tak mampu mengawali balapan di barisan depan di Spanyol sehingga mendapat hasil yang kurang memuaskan.

Dengan hasil tersebut, Alonso masih tertahan di posisi tiga klasemen sementara F1 2023 dengan koleksi 99 poin. Dia berjarak 71 angka dari sang pemuncak klasemen, Max Verstappen, yang keluar sebagai pemenang di F1 GP Spanyol 2023.

Topik Menarik