Demi Lancarnya Liga 1 2023-2024, Ketum PSSI Erick Thohir Minta Suporter Tertib

Demi Lancarnya Liga 1 2023-2024, Ketum PSSI Erick Thohir Minta Suporter Tertib

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 20:51
share

SOLO Jelang bergulirnya Liga 1 2023-2024 , Ketum Umum PSSI, Erick Thohir berpesan kepada seluruh pendukung sepakbola di Indonesia. Erick Thohir memesan agar para suporter menaati peraturan yang ada dan tertib sehingga bisa meminimalisir kerusuhan yang terjadi.

Sebagaimana diketahui, noktah merah mewarnai kompetisi Liga 1 2022-2023. Pada musim lalu, tragedi mengerikan terjadi usai pertandingan Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022.

Sebanyak 135 nyawa melayang karena kerusuhan supporter dengan aparat keamanan. Akibat tragedi ini, FIFA memberikan peringatan keras kepada PSSI. Beruntungnya, sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi yang berat.

Meski sempat dibekukan selama beberapa bulan, kompetisi akhirnya tetap berlanjut. Sejumlah insiden kecil pun sempat terjadi di kalangan supporter sepak bola Indonesia. Oleh sebab itu, Erick mengingatkan agar hal seperti itu tidak terulang pada kompetisi musim depan.

"Ingat, peristiwa Kanjuruhan masih ada dalam catatan FIFA. Kita beruntung hanya diberi sanksi yang ringan, sehingga tetap bisa menggelar pertandingan internasional, FIFA Matchday dan kompetisi, kata Erick dilansir dari laman resmi PSSI, Minggu (4/6/2023).

Ketum PSSI, Erick Thohir

Namun jika bila ada kerusuhan, seperti di akhir musim kemarin, percayalah, FIFA akan berhentikan sepakbola Indonesia. Jangan jadi bangsa yang lupa, sebab FIFA tidak akan lupa," sambungnya.

Pada kompetisi musim depan, pendukung tim tamu dilarang hadir secara langsung di stadion. Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan kebijakan ini diambil berdasarkan kesepakatan semua klub, dan berkaca pada situasi politik.

Namun demikian, kebijakan itu hanya bersifat sementara. Erick pun mendukung penuh adanya kebijakan baru itu. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berharap aturan tersebut dapat dipatuhi oleh semua pihak.

"Oleh sebab itu, bersama PT Liga Indonesia Baru, sudah dikeluarkan jadwal jauh hari sebelum kompetisi dimulai. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar kita bisa mengantisipasi keamanan, tutur Erick.

Erick Thohir

Catatan hanya penonton tuan rumah yang bisa hadir di stadion merupakan kebijakan sementara agar kita bisa mewujudkan kompetisi yang nyaman dan aman, serta penonton bisa pulang ke rumah dengan selamat," tutupnya.

Topik Menarik