Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Tersingkir dari Prancis Terbuka 2023 karena Didiskualifikasi, Ada Masalah Apa?

Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Tersingkir dari Prancis Terbuka 2023 karena Didiskualifikasi, Ada Masalah Apa?

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 20:01
share

PARIS, iNews.id - Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi, yang berpasangan dengan Miyu Kato (Jepang) di sektor ganda putri tersingkir di babak ketiga Prancis Terbuka 2023. Mereka kalah karena diskualifikasi.

Aldila/Kato berhadapan dengan Marie Bouzkova (Republik Ceko)/Sara Sorribes Tormo (Spanyol). Mereka berduel di Lapangan 14 Roland Garros, Paris, Minggu (4/6/2023) sore WIB.

Sara Sorribes y Marie Bouzkova, a 1/4F de #RolandGarros por descalificacin de Kato/Sutjiadi

Kato le ha dado un pelotazo a una recogepelotas con el punto ya terminado pic.twitter.com/qT54pQvS5y

Fran Marco (@FranMarco19) June 4, 2023

Set pertama berlangsung cukup ketat, Aldila/Kato yang sempat tertinggal 1-3 mampu menyamakan kedudukan dan bahkan unggul 5-4. Kemudian duel kembali berlangsung sengit dan pada akhirnya Bouzkova/Sorribes mencuri set pertama dengan skor 7(7)-6(1).

Aldila/Kato sejatinya sedang unggul pada set kedua tersebut dengan poin 3-1. Namun, sebelum dilangsungkannya gim kelima, Kato yang mencoba untuk membuang bola tak sengaja mengenai ball girl di belakang Bouzkova/Sorribes.

Atas kejadian tersebut, ball girl yang terkena bola buangan Kato langsung menangis walaupun tidak terlihat adanya luka atau cedera. Kato langsung menghampiri ball girl tersebut untuk meminta maaf.

Wasit pertandingan awalnya hanya memberikan peringatan kepada Kato atas kejadian tersebut. Akan tetapi, sang lawan, Bouzkova/Sorribes, melakukan protes dan bersikeras apa yang dilakukan petenis Jepang itu melanggar aturan dan meminta supervisor untuk turun ke lapangan.

Setelah diskusi panjang antara ofisial dan wasit pertandingan, akhirnya ditentukan Aldila/Kato didiskualifikasi dan Bouzkova/Sorribes memenangi pertandingan babak ketiga tersebut.

Atas keputusan yang diambil itu, laga dihentikan pada set kedua saat Aldila/Kato sedang unggul 3-1. Petenis Jepang itu pun terlihat menangis di pinggir lapangan seusai keputusan resmi diumumkan.

Topik Menarik