Suriah Kembali Gabung Liga Arab setelah Dikucilkan Satu Dekade

Suriah Kembali Gabung Liga Arab setelah Dikucilkan Satu Dekade

Olahraga | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 09:02
share

IDXChannel - Liga Arab sepakat memulihkan status keanggotaan Suriah di blok regional tersebut. Langkah ini mengakhiri isolasi politik terhadap Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (8/5/2023), keputusan itu dikonfirmasi Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab Hossam Zaki.

Kembalinya Suriah kemungkinan diresmikan saat pertemuan tingkat tinggi di Arab Saudi pada 19 Mei. Keanggotaan Suriah dibekukan Liga Arab setelah perang pecah antara pemerintah dan kubu anti-Assad di 2011.

Saat itu, Liga Arab mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) dan sekutunya yang menjatuhkan sanksi kepada Assad. Namun, Assad mampu bertahan dari tekanan internasional karena mendapat dukungan dari Rusia, Iran dan China.

Diterimanya kembali Suriah di Liga Arab mencerminkan pergeseran politik di Timur Tengah di mana Arab Saudi semakin menunjukkan kekuatan ekonominya dan memperkuat pengaruh politiknya di kawasan.

Selain merangkul kembali Suriah, Aran Saudi juga mendukung gencatan senjata di Sudan dan memulihkan hubungan dengan Iran.

Selain itu, keputusan Liga Arab ini mencerminkan pengaruh Amerika Serikat (AS) yang memudar di Timur Tengah.Ini merupakan kemenangan politik bagi Iran dan Rusia yang selama ini mendukung Assad. (WHY)

Topik Menarik