Kunci Dominasi Anthony Ginting Atas Loh Kean Yew di Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 Menurut Pelatih

Kunci Dominasi Anthony Ginting Atas Loh Kean Yew di Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 Menurut Pelatih

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 01:24
share

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil menjuarai Kejuaraan Bulutangkis Asia dengan mendominasi wakil Singapura, Loh Kean Yew pada partai final. Sang pelatih, Irwansyah, membeberkan kunci dominasi dari Ginting pada partai puncak itu.

Ginting hanya membutuhkan 28 menit untuk menuntaskan perlawanan Loh Kean Yew pada final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2023. Pebulutangkis 26 tahun itu menang dua gim langsung 21-12 dan 21-8.

Coach Irwansyah mengatakan bahwa permainan Ginting dan Loh Kean Yew kurang lebih sama. Keduanya sama-sama mengedepankan kecepatan masing-masing.

"Akan tetapi, saya ingatkan ke Ginting, (permainan) depannya tidak boleh kalah. Kalau depannya dia (Loh Kean Yew) sudah ambil di bawah, pasti tidak bisa, karena dia pasti mengangkat (shuttlecock)," pungkas Irwansyah kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (3/5/2023).

"Kalau kebanyakan mengangkat (shuttlecock), pasti diserang sama Loh Kean Yew. Jadi, dari depan ambilnya harus lebih cepat, menekannya juga," lanjutnya.

Irwansyah mengatakan kepada Ginting bahwa dirinya harus lebih mengontrol permainan. Hal tersebut perlu dilakukan agar Loh Kean Yew tidak mendapatkan kesempatan untuk menyerang.

"Di situ akhirnya Loh Kean Yew goyang, bingung. Jadi, apapun yang dimainkan Ginting, termasuk bola enak pun dia tidak bisa mengimbangi, tidak bisa ikut temponya," ujarnya.

Keberhasilan Ginting mengatur permainan dengan sangat baik pada partai final tersebut menurut Irwansyah membuat Loh Kean Yew kewalahan. Alhasil, pebulutangkis asal Singapura itu kebingungan mengimbangi permainan Ginting.

"Bukan karena Loh Kean Yew pemain yang tidak bagus, tetapi dari awal memang sudah dipegang pola permainannya," tutur Irwansyah.

Topik Menarik