SEA Games: Timnas Basket Indonesia Optimis Pertahankan Emas Di Kamboja

SEA Games: Timnas Basket Indonesia Optimis Pertahankan Emas Di Kamboja

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 14:18
share

AKURAT.CO, Rasa percaya diri tinggi dimiliki oleh Tim Nasional Bola Basket Indonesia jelang SEA Games Kamboja 2023. Skuat Indonesia Patriots-julukan Timnas Basket- yakin bisa mempertahankan medali emas.

Sesuai jadwal, Timnas Basket Indonesia akan memulai perjuangannya di SEA Games Kamboja 2023 pada Rabu (10/5/2023) mendatang. Laos bakal menjadi lawan pertama yang dihadapi Brandon Jawato dan kolega di grup A.

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Milos Pejic mengatakan, waktu kurang lebih sepekan yang tersisa dimanfaatkan oleh timnya untuk mematangkan strategi dan persiapan. Juga untuk kekompakan tim, terlebih pemain kini sudah komplet.

"Kami berangkat ke Kamboja pada Minggu (7/5/2023) dan pertandingan pertama kami hari Rabu (10/5/2023) melawan Laos," kata Milos Pejic usai memimpin latihan di GBK Arena, Jakarta, Rabu (3/5/2023).

"Tujuh hari untuk meningkatkan hal-hal kecil, untuk menyesesuaikan Brandon (Jawato) di tim karena dia baru saja tiba kemarin dan ini adalah latihan kedua bersama kami. Itu adalah tugas saya untuk tujuh hari selanjutnya."

Timnas Basket Indonesia datang ke SEA Games Kamboja 2023 dengan status juara bertahan. Tim besutan Milos Pejic itu berhasil meraih medali emas pada edisi sebelumnya di Hanoi, Vietnam pada tahun lalu.

Saat itu, Timnas Basket Indonesia mampu menyabet medali emas pertama sepanjang sejarah SEA Games dengan menyapu bersih enam laga dengan kemenangan untuk mengakhiri dominasi Filipina sejak 1991.

Pelatih asal Serbia itupun meyakini bahwa Timnas Basket Indonesia mampu kembali mendapatkan medali emas di SEA Games Kamboja 2023.

"Saya selalu optimis setiap latihan, saya optimis untuk membuat latihan yang baik setiap hari, untuk memenangkan setiap pertandingan, saya selalu optimis dan percaya kepada tim," jelas Pejic.

Meski begitu, Pejic tak menampik bahwa hal itu tidak mudah. Sebab, setengah komposisi skuat Timnas Basket Indonesia sekarang adalah pemain baru.

Ya, ada enam pemain anyar yang dipercaya Milos Pejic untuk bela Timnas Basket di SEA Games Kamboja 2023. Mereka adalah Widyantara Putra Teja, Anthony Beane Jr, Muhammad Arighi, Kaleb Ramot Gemilang, Julian Chalias, dan Lester Prosper.

Enam pemain tersebut masuk untuk menggantikan Michael Derrick, Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, Marques Bolden, Agassi Goantara, dan Hardianus, yang harus absen dengan alasan masing-masing, baik karena cedera, sakit, hingga persoalan kontrak dengan klub.

Otomatis, hanya ada enam pemain yang merupakan wajah lama, yang membantu Indonesia meraih medali emas di SEA Games Hanoi 2021 (2022). Yakni Yudha Saputera, Andakara Prastawa, Dame Diagne, Brandon Jawato, Juan Laurent Kokodiputra, dan Vincent Rivaldi Kosasih.

"Setiap orang harus tahu bahwa ini adalah tim baru, kami memiliki enam pemain baru, jika harus membandingkan tim ini dengan tim ketika di Vietnam," ucap Milos Pejic.

Sementara itu, salah satu andalan Timnas Basket Indonesia tahun lalu, Brandon Jawato juga menyiratkan optimisme yang sama seperti sang pelatih. Pemain berdarah Bali itu mengaku memiliki percaya diri tinggi untuk bisa mempertahankan emas SEA Games.

"Ya, saya sangat percaya diri, sangat sangat percaya untuk bisa memenangkan medali emas untuk Indonesia lagi," tegasnya.[]

Artikel ini disponsori oleh BNI, MIND ID, dan Telkomsel.

Topik Menarik