5 Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang Layak Berkarier di Eropa, Nomor 1 Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022-2023!

5 Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang Layak Berkarier di Eropa, Nomor 1 Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022-2023!

Olahraga | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 17:15
share

SEBANYAK 5 pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang layak berkarier di Eropa akan dibahas Okezone di artikel ini. Dalam hal ini, pemain yang dianggap pantas untuk berlaga di Benua Biru setelah tampil apik dalam kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Filipina dengan skor 3-0 di laga pembuka Grup A SEA Games 2023.

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia U-22 itu dicetak oleh Marselino Ferdinan (45+1), Irfan Jauhari (89), dan Fajar Fathur Rachman (90+1). Menariknya, dari sejumlah pemain yang tampil apik di laga itu, di antaranya ada yang memiliki kualitas di atas rata-rata dan layak untuk berkarier di Eropa selain Marselino Ferdinan. Lantas siapa saja mereka?

Timnas Indonesia U-22

Berikut 5 Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang Layak Berkarier di Eropa:

5. Ananda Raehan Alif

Ananda Raehan

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mempercayai Ananda Raehan sebagai pilihan utama di lini tengah skuad Garuda Muda kala melawan Filipina. Gelandang muda PSM Makassar itu menemani Marselino Ferdinan dan Beckham Putra dalam starting line up Timnas Indonesia U-22.

Hasilnya, Ananda Raehan mampu menjaga keseimbangan dalam bertahan dan menyerang yang sangat baik. Ia mampu mencatatkan 6 tekel sukses dan mendistribusikan bola dengan akurat total 38 successful passes. Kerja keras dan kepercayaan diri Ananda Raehan di lini tengah begitu terlihat. Sudah sepantasnya jika pemain kelahiran Makassar itu berkarier di Eropa.

Tak Hanya Timnas Indonesia U-22, Media Vietnam Juga Sindir Aksi Vietnam di SEA Games 2023

4. Rizky Ridho

Rizky Ridho

Selanjutnya adalah bek anyar Persija Jakarta, Rizky Ridho, dianggap pantas main di Eropa setelah membuktikan dirinya punya tekad kuat, semangat besar, dan kinerja apik dalam membantu Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Meski gagal mencetak gol dari titik putih ke gawang Filipina, namun ia berhasil menjaga pertahanan Garuda Muda dengan baik tanpa kebobolan.

Pada usianya yang masih 21 tahun, Rizky Ridho juga sudah dipercaya untuk menjadi pemain utama Timnas Indonesia senior. Ia juga salah satu pemain terpenting di lini belakang saat membela Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 kemarin. Dengan kemampuannya itu, sudah seharusnya Rizky Ridho bisa bermain di Eropa.

3. Ernando Ari

Ernando Ari

Bukan hanya Rizky Ridho cs, Ernando Ari juga bermain apik dalam menjaga gawang Timnas Indonesia U-22 dari kebobolan dua SEA Games 2023. Selama dikawal oleh kiper Persebaya itu, gawang Garuda Muda tercatat clean sheet alias tidak kebobolan di pertandingan kontra Filipina.

Penampilan heroik Ernando Ari yang kerap mementahkan serangan-serangan Filipina patut diacungi jempol. Apalagi, kiper 21 tahun tersebut memiliki caps di Timnas Indonesia senior sebanyak dua kali. Sebab itu, ia juga layak untuk berkarier di Eropa. Terlebih, sejauh ini belum ada sosok kiper yang berlaga di Benua Biru itu.

2. Irfan Jauhari

Irfan Jauhari

Untuk urutan kedua adalah Irfan Jauhari. Winger Persis Solo itu menampilkan performa impresif yang juga ikut menyumbang satu gol untuk Timnas Indonesia U-22 pada menit 89 ke gawang Filipina meski bermain sebagai pengganti Ramadhan Sananta pada menit 71.

Penyerang sayap 22 tahun itu memiliki kelincahan dan ketajaman yang mumpuni di atas lapangan sehingga kerap merepotkan lawan. Meski belum pernah membela Timnas Indonesia senior, ia juga memiliki caps di Timnas Indonesia U-23 sebanyak 6 kali. Dengan memiliki bakat dan postur tubuh ideal, Irfan Jauhari juga pantas untuk berkarier di Eropa.

1. Ilham Rio Fahmi

Ilham Rio Fahmi

Untuk urutan pertama dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 yang layak berkarier di Eropa adalah pemain muda terbaik Liga 1 2022-2023, Ilham Rio Fahmi. Mengisi posisi bek kanan saat Timnas Indonesia U-22 vs Filipina, pemain Persija Jakarta itu menjalankan tugas dengan baik.

Rio Fahmi kerap membantu serangan dan sukses mencetak dua assist untuk gol Marselino Ferdinan dan Fajar Fathur Rachman. Bukan hanya bagus saat menyerang, pemain 21 tahun ini pun tak canggung beradu bodi berebut bola dengan lawan saat Garuda Muda diserang. Selain itu, ia juga sukses membawa Persija Jakarta jadi runner-up Liga 1 2022-2023. Dengan catatan ini, rasanya Ilham Rio Fahmi sudah pantas untuk berlaga di Eropa.

Topik Menarik