Main 90 Menit, Sandy Walsh Gagal Bawa KV Mechelen Juara Piala Belgia

Main 90 Menit, Sandy Walsh Gagal Bawa KV Mechelen Juara Piala Belgia

Olahraga | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 08:15
share

AKURAT.CO, Pemain naturalisasi Indonesia, Sandy Walsh tampil penuh waktu untuk KV Mechelen saat melawan Royal Antwerp FC di final Piala Belgia 2022-2023, pada Minggu (30/4/2023). Namun dia gagal membawa timnya menjadi juara.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Raja Baudouin, Brussel, Sandy dipercaya pelatih Steven Defour bermain sebagai starter. Pemain berusia 27 tahun itu menempati posisi bek sayap kanan.

Adapun pertandingan berjalan cukup sengit dan seimbang di menit-menit awal. Tapi, gawang KV Mechelen akhirnya kebobolan pada menit ke-35.

Royal Antwerp membuka keunggulannya setelah Vincent Janssen sukses melakukan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor penalti. Eks striker Timnas Belanda itu pun mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus membawa timnya unggul 0-1 pada babak pertama.

Di babak kedua, situasi tak banyak berubah. Royal Antwerp masih memegang kendali permainan, untuk kemudian menggandakan kedudukan menjadi 0-2 dalam sepuluh menit terakhir waktu normal.

Tepatnya pada menit ke-81, di mana Michel-Ange Balikwisha mampu memaksa kiper Mechelen, Gatan Coucke memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua. Skor 0-2 pun jadi hasil akhir dan Royal Antwerp berhak menjadi juara Piala Belgia 2022-2023.

Selain berhak mengangkat trofi, keberhasilan ini membuat Antwerp berhak mendapatkan tiket untuk mengikuti laga play-off Liga Europa 2023-2024.

Sementara bagi Sandy Walsh dan KV Mechelen, hasil ini memaksa mereka gigit jari untuk meraih gelar piala domestik. Kekecewaan pun diluapkan oleh pemain yang resmi jadi WNI akhir tahun lalu ini.

"Ini adalah momen yang baik untuk semua orang, tetapi Anda ingin memenangkan final itu. Jika Anda melihat permainannya, sebenarnya ada lebih dari itu. Kami memiliki dua peluang bagus, yang tidak dieksekusi dengan baik," kata Walsh, dipetik dari laman resmi KV Mechelen.

"Pertandingan sebagian besar diputuskan berdasarkan detail. Kami ingin bermain sepak bola, tetapi kemudian Anda mulai mengambil risiko. Sekarang, tentu saja, kekecewaan muncul."

Selain gagal menjadi juara, hasil ini sekaligus mengakhiri perjalanan klub yang berdiri sejak 1904 tersebut di musim ini. Sebab di Liga Belgia 2022-2023, KV Mechelen hanya mampu finis di papan tengah. Tepatnya pada urutan ke-13 dengan koleksi 40 poin dari total 34 pertandingan yang dimainkan.

Sementara untuk catatan pribadi Sandy Walsh bersama KV Mechelen di musim ini, cukup baik. Meski kerap dilanda cedera, eks Timnas Belanda U-20 memainkan 30 pertandingan bersama timnya, dengan rincian 25 laga di Liga Belgia dan sisanya di Piala Belgia.

Dari total 30 pertandingan, Sandy Walsh berhasil mencetak tiga gol dan tiga assist ketika bermain untuk KV Mechelen sebanyak 2.616 menit di musim ini.[]

Topik Menarik