Respons Mengejutkan Pemain Timnas Timor Leste U-22 saat Wasit Untungkan Tuan Rumah Kamboja di SEA Games 2023

Respons Mengejutkan Pemain Timnas Timor Leste U-22 saat Wasit Untungkan Tuan Rumah Kamboja di SEA Games 2023

Olahraga | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 07:40
share

RESPONS mengejutkan pemain Timnas Timor Leste U-22 , Mouzinho, saat wasit untungkan tuan rumah Kamboja di SEA Games 2023 akan diulas Okezone di artikel ini. Sebagai informasi, Kamboja U-22 sukses membantai Timor Leste U-22 dengan skor 4-0 pada laga perdana Grup A SEA Games 2023.

Timnas Kamboja U-22 mencetak empat gol tanpa balas ke gawang Timor Leste U-22 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu 29 April 2023 malam WIB. Keempat gol itu masing-masing dibukukan oleh Chou Sinti (40\', 45+2\'), Rotana (74\'), dan Lim Pisoth (82\').

Timnas Kamboja U-22 vs Timor Leste. Foto: Soha.vn

Menariknya, pada laga Kamboja U-22 vs Timor Leste U-22 ini, terdapat insiden keputusan wasit yang kontoversi dengan cenderung memihak tuan rumah. Menurut laporan Soha.vn, momen itu terjadi pada menit 60 ketika tim tuan rumah Kamboja U-22 yang dipimpin Keisuke Honda itu unggul 2-0.

Kala itu, pemain bertahan Kamboja U-22 melakukan kesalahan di garis pertahannya. Kemudian, kesalahan itu dimanfaatkan pemain nomor 10 Timor Leste U-22, Mouzinho, yang turun ke sayap kanan dalam situasi tanpa penjagaan.

Saat hendak melakukan tusukan ke dalam kotak penalti, kiper tuan rumah Kamboja U-22, Reth Lyheng, keluar untuk menyelamatkan bola. Namun, Reth Lyheng berada di luar area penalti dan bola menyentuh tangannya saat Mouzinho melepaskan umpan silang.

Akan tetapi, Reth Lyheng justru memberi isyarat dan mengklaim bahwa bola mengenai dadanya, bukan lengannya. Sehingga, wasit Jamali tak menganggap bahwa bola mengenai tangan Reth Lyheng dan memutuskan insiden itu bukan sebagai pelanggaran.

Alhasil, Timor Leste U-22 dirugikan oleh keputusan wasit tersebut. Menanggapi keputusan kontroversial itu, Mouzinho memberi respons dengan hanya bisa tertawa lepas melihat keputusan wasit yang condong memihak kepada tuan rumah Kamboja U-22.

Di jejaring sosial, banyak penggemar mengejek bahwa penjaga gawang Kamboja U-22 lolos dari jeratan hukuman wasit karena efek tuan rumah. Melihat situasi tayangan lambat, sangat jelas wasit melakukan kesalahan dengan tidak memberikan tendangan bebas kepada Timor Leste dan menunjukkan kartu kepada kiper Kamboja itu.

Timnas Kamboja U-22 vs Timor Leste. Foto: Soha.vn

Terlepas dari hal itu, hasil ini membuat Kamboja U-22 memuncaki klasemen sementara Grup A SEA Games 2023. Mereka koleksi tiga poin dari satu laga dengan selisih gol +4.

Sementara itu, posisi kedua ditempati Timnas Indonesia U-22 yang juga mengoleksi tiga poin setelah mengalahkan Filipina 3-0 pada laga perdananya. Timnas Indonesia U-22 mencatatkan selisih gol +3.

Topik Menarik