Hajar Loh Kean Yew 2 Set Langsung, Anthony Ginting: Dia Bermain Agak Bingung

Hajar Loh Kean Yew 2 Set Langsung, Anthony Ginting: Dia Bermain Agak Bingung

Olahraga | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 07:10
share

DUBAI - Anthony Sinisuka Ginting bicara soal kemenangannya atas Loh Kean Yew pada final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 (Final BAC 2023). Pada pertandingan itu, tunggal putra Indonesia menang dua set langsung 21-12 dan 21-8.

Beraksi di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu 30 April 2023 malam WIB, Anthony Ginting tampil luar biasa sejak awal pertandingan. Serangan-serangannya sangat efektif membuat Loh tak berdaya di set pertama.

Pada set kedua, Ginting semakin mendominasi permainan berkat kelincahan, ketenangan, dan akurasi pukulan. Dia bermain nyaris sempurna, tanpa kesalahan sedikitpun. Hasilnya, pemain nomor dua dunia itu menang 21-8 di set kedua.

Ginting mengaku mampu membaca permainan Loh pada pertandingan itu. Dia memanfaatkan kondisi shuttlecock yang kencang untuk memberikan tekanan bertubi-tubi sehingga jagoan Singapura tersebut kesulitan mengembangkan permainan.

Saya tadi melihat kondisi lawan seperti apa dan terlihat Loh Kean Yew terlihat bermain agak bingung, shuttlecock yang kencang membuat dia tidak bisa berbuat banyak, kata Ginting, dikutip dari rilis PBSI, Senin (1/5/2023).

Dia tidak bisa keluar dari tekanan. Saya fokusnya lebih meminimalisir kesalahan-kesalahan sendiri, tambah pria berusia 26 tahun itu.

Penampilan yang nyaris sempurna itu membawa Ginting menyabet medali emas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 (BAC 2023). Ini merupakan gelar turnamen yang setara dengan Super 1000 pertama yang diraihnya sejak juara di China Open 2018.

Selain itu, pemain kelahiran Cimahi tersebut menjadi juara Asia pertama dari Indonesia di nomor tunggal putra dalam 16 tahun terakhir. Pemain terakhir yang melakukannya adalah Taufik Hidayat pada 2007.

Topik Menarik