Inilah 4 Profesi Penerbangan yang Tak Kalah Keren dari Pramugari

Inilah 4 Profesi Penerbangan yang Tak Kalah Keren dari Pramugari

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 12:18
share

TERDAPAT 4 profesi keren di dunia penerbangan selain pramugari . Memilih bekerja di industri penerbangan banyak diidamkan oleh orang lain.

Di balik berkembangnya industri penerbangan ini tidak luput dari peran berbagai pihak termasuk para staf di maskapai penerbangan itu sendiri.

Berikut Okezone rangkumkan 4 profesi lain di dunia penerbangan selain pramugari yang tak kalah keren dan bergengsi;

1. Pilot

Profesi satu ini juga masih menjadi favorit banyak orang. Betapa tidak, Anda bisa sering jalan-jalan ke tempat yang baru apabila ditugaskan membawa pesawat.

Sama seperti pramugari, pilot biasanya diberi jeda waktu saat pesawat mendarat di tujuan, sebelum kembali ke tempat asalnya. Nah, waktu jeda itu bisa dipakai untuk berjalan-jalan dan mengeksplor.

Pilot Capt Vincent Raditya

Pilot Capt Vincent Raditya (Foto: IG/@vincentraditya)

2. Petugas ATC

Petugas ATC berwenang mengatur lalu lintas pesawat karena posisi antar pesawat yang terlalu dekat di udara dapat mengakibatkan tabrakan.

Berdasar pantauan pergerakan pesawat pada radar, petugas ATC memberi informasi ataupun instruksi kepada pilot dari menara bandara.

Ilustrasi ATC

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Informasi yang dimiliki petugas ATC antara lain navigasi, cuaca, maupun informasi udara lain yang diperlukan oleh pilot.

3. Aircraft Maintenance Engineer (AME)

Pekerjaan ini hanya mencatat semua yang dilakukan di pesawat pada aircraft maintenance log book. Apabila terjadi permasalahan pada pesawat, AME-lah yang bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jika pesawat mengalami kerusakan dan AME memutuskan bahwa pesawat tidak siap berangkat, maka pilot dan pihak maskapai harus mematuhinya.

4. Flight Operation Officer (FOO)

Tugas seorang FOO antara lain mangatur jadwal kru, mengatur transportasi kru, melakukan tracking, membuat flight planning, membaca peta, memegang radio navigasi, membriefing pilot sebelum terbang.

Kemudian mengisi load sheet, menghitung pesawat sebelum terbang, menghitung central of gracity pesawat, menganalisis cuaca di bandara keberangkatan, dan lain sebagainya.

Infografis Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

FOO pulalah yang mengambil keputusan saat keadaan darurat, seperti menjembatani antara pilot dan teknisi saat terjadi kerusakan mesin pada pesawat.

Menjadi seorang yang bertanggung jawab mengambil keputusan, seorang FOO haruslah memiliki keterampilan berkomunikasi dan pertimbangan rasional yang baik.

Topik Menarik