Drawing Piala Dunia U-20 2023 Dibatalkan, Pengamat: Ini <i>Warning</i> Awal

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Dibatalkan, Pengamat: Ini Warning Awal

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 19:42
share

JAKARTA FIFA secara resmi membatalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Bali, Jumat (31/3/2023) mendatang. Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni, menyebut bahwa hal itu adalah peringatan awal dari FIFA.

Keputusan tersebut diambil oleh FIFA akibat banyaknya penolakan kedatangan Timnas Israel U-20, termasuk dari Gubernur Bali, I Wayan Koster. Hal tersebut membuat proses drawing tidak bisa digelar karena semua tim wajib hadir di acara tersebut.

Bung Kusnaeni mengatakan pembatalan drawing Piala Dunia U-20 menjadi peringatan awal dari FIFA untuk Indonesia. Sebeb, Indonesia bisa saja mendapatkan sanksi yang jauh lebih berat dari FIFA apabila Piala Dunia U-20 2023 harus dibatalkan.

"Pembatalan drawing merupakan warning awal. Jika kita sampai gagal melaksanakan event FIFA U-20 tersebut Indonesia dianggap menodai kepercayaan yang diberikan FIFA, tutur Bung Kusnaeni di Jakarta, Minggu (26/3/2023).

Otoritas tertinggi sepak bola internasional tersebut dirugikan secara material dan inmaterial, karena pelaksanaan event mereka kacau balau," imbuhnya.

Selain itu, Bung Kusnaeni pun berharap Indonesia bisa tetap menggelar Piala Dunia U-20 dan tidak mendapatkan sanksi oleh FIFA. Dirinya pun meminta seluruh pihak terkait untuk segera mencari cara agar permasalahan ini bisa terselesaikan dengan baik.

"Jangan sampai hal itu terjadi (gagal menjadi tuan rumah). Mimpi buruk buat sepak bola kita. Jangan bermain-main dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan FIFA, sambung bung Kusnaeni.

Kita jadi host prosesnya mengajukan diri, bukan ujuk-ujuk FIFA yang minta. Taati kesepakatan yang ada. Segera cari air untuk memadamkan kebakaran yang timbul, pungkasnya.

Tentu saja PSSI dan Pemerintah Indonesia harus bergerak cepat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Pasalnya, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan bakal dimulai dalam waktu 55 hari kedepan.

Topik Menarik