Gara-Gara Timnas Indonesia, Burundi Bisa Lolos Piala Afrika 2023!

Gara-Gara Timnas Indonesia, Burundi Bisa Lolos Piala Afrika 2023!

Olahraga | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 16:24
share

GARA- gara Timnas Indonesia , Burundi bisa lolos Piala Afrika 2023. Kok bisa? Begini ceritanya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi di FIFA Matchday Maret 2023. Laga Timnas Indonesia vs Burundi digelar dua kali di Stadion Patriot Candrabhaga, tepatnya pada 25 dan 28 Maret 2023.

Timnas Indonesia

Baik kemenangan ataupun kekalahan yang diterima dari Timnas Indonesia nanti, Burundi bakal mati-matian dan termotivasi demi tiket Piala Afrika 2023. Sekadar diketahui, Burundi saat ini sedang berjuang di Kualifikasi Piala Afrika 2023.

Burundi tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Afrika 2023 bersama Kamerun dan Namibia. Awalnya ada Kenya yang juga berada di Grup C bersama Burundi, Kamerun dan Namibia. Namun, Kenya didiskualifikasi dari ajang ini karena hukuman yang dijatuhkan FIFA kepada Federasi Sepakbola Kenya.

Alhasil, Grup C Kualifikasi Piala Afrika 2023 tinggal menyisakan tiga tim. Sejauh ini, Kamerun duduk di puncak dengan koleksi tiga poin hasil dari satu pertandingan. Sementara itu, Burundi dan Namibia berturut-turut menempati posisi dua dan tiga dengan satu poin.

Secara sisa pertandingan, Kamerun dan Namibia sama-sama menyisakan tiga laga, sedangkan Burundi hanya menyisakan dua pertandingan. Meski begitu, Burundi lebih berpeluang menemani Kamerun lolos ke Piala Afrika 2023 ketimbang Namibia.

Sebab, dalam tiga laga sisa yang dijalani Namibia, mereka dihadapkan dengan rute yang terhitung sulit. Namibia masih harus melakoni dua laga kontra Kamerun, plus bertandang ke markas Burundi.

Timnas Kamerun

(Timnas Kamerun, lawan Burundi di Kualifikasi Piala Afrika 2023)

Dengan asumsi Namibia dua kali tumbang dari Kamerun, laga kontra Burundi bakal sangat menentukan. Peluang Burundi menumbangkan Namibia sangat besar, mengingat pertandingan digelar di kandang sendiri.

Karena itu, laga melawan Timnas Indonesia akan dijadikan tolok ukur Burundi untuk finis dua besar di Grup C Kualifikasi Piala Afrika 2023, sekaligus memastikan tempat di putaran final Piala Afrika 2023.

Meski bertajuk Piala Afrika 2023, turnamen sendiri baru bergulir pada Januari 2024. Turnamen bakal dilangsungkan di Pantai Gading pada Januari-Februari 2024.

Jika lolos Piala Afrika 2023, ini merupakan yang kedua bagi Burundi. Sebelumnya, Burundi lolos ke Piala Afrika 2019, namun selalu kalah dalam tiga laga yang dijalani di fase grup (versus Madagascar, Nigeria dan Guinea).

Topik Menarik