Jadi kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri: Itu Tidak Mudah

Jadi kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri: Itu Tidak Mudah

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 1 Maret 2023 - 08:01
share

TASHKENT Muhammad Ferarri dipercaya sebagai kapten tim nasional (Timnas) Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 . Bek Persija Jakarta itu mengaku siap memikul tanggung jawab.

Ferarri bakal menjadi jendral lapangan berdasarkan keterangan pelatih Shin Tae-yong. Saat jumpa media jelang laga perdana Grup A antara Indonesia U-20 vs Irak U-20, dia menyebut talenta berusia 19 tahun itu akan ditunjuk menjadi kapten.

Ferarri mengaku senang dan bangga dengan kepercayaan yang didapatnya. Namun, dia menyari menjadi kapten bukanlah tugas mudah.

Karena itu, dia siap memberikan yang terbaik saat bertanding di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023).

"Ya perasaannya bangga dan senang karena ini turnamen besar, ya mimpi juga bisa main di AFC," jelasnya.

"Dan bagi saya menjadi kapten itu tidak mudah, banyak tanggung jawab untuk pemain-pemain yang ada di dalam lapangan," lanjut Ferarri setelah latihan resmi.

Ferarri dan pemain Indonesia U-20 lainnya melakukan latihan di lapangan Tashkent State Transport University, Tashkent, Selasa (28/2/2023).

Sejatinya, Shin memiliki beberapa kandidat lain untuk menjadi kapten. Calon lainnya seperti Robi Darwis dan Arkhan Fikri.

Namun, dengan sejumlah pertimbangan yang ada, pelatih asal Korea Selatan itu memilih bek Ferrari untuk memegang komando di lapangan.

Terkait lawan, Irak U-20 dinilai punya kekuatan di atas Indonesia U-20. Ini bila mengacu timnas senior.

Meski Timnas U-20 tidak punya daftar peringkat dunia, timnas senior Irak berada di posisi ke-68. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke-151.

Namun, Ferarri meyakini bahwa peluang tim Merah Putih untuk memberi kejutan masih ada. Terutama, dengan strategi khusus yang dipersiapkan Shin.

"Ya ada instruksi khusus yang diberikan oleh coach Shin. Dan kami dari pemain hanya ingin fokus saja kepada pertandingan besok. Untuk instruksinya pasti ada," jelasnya.

Ferarri mengharapkan masyarakat Indonesia terus memberikan dukungan agar Indonesia U-20 dapat tampil baik pada Piala Asia U-20.

"Harapan saya dari pemain juga untuk penonton ya dukung dan support kami yang ada di AFC untuk turnamen U-20 ini. Tetap dukung dan berikan semangat terus," katanya.

Setelah bentrok Irak U-20, Indonesia U-20 akan melawan Suriah U-20, Sabtu (4/3/2023) di Tashkent.

Kemudian melakoni laga terakhir fase Grup A dengan menghadapi Uzbekistan selaku tuan rumah di Kota Fergana, Selasa (7/3/2023).

(mirz)

Topik Menarik