RIP Chadwick Boseman! Dunia Olahraga Turut Berduka dan Mengenang Sosok “Jackie Robinson”

Olahraga | skor.id | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:25
RIP Chadwick Boseman! Dunia Olahraga Turut Berduka dan Mengenang Sosok “Jackie Robinson”
– “Saya bertemu Anda di premiere ‘42’ di Pittsburgh pada 2013. Meskipun semua mata tertuju kepada Anda, saya ingat Anda berkata, ‘Sayalah yang ‘tersambar’ oleh semua atlet yang ada di sini.’ Itulah Anda. Humble. You will be missed. RIP Chadwick Boseman!”

Kata-kata itu diunggah Andrew McCutchen, bintang Philadelphia Phillies, di akun Twitter-nya begitu mendengar kabar kematian aktor Chadick Boseman pada hari Jumat (28/8/2020).

Tidak hanya itu, Andrew McCutchen juga memasang foto dirinya yang dalam posisi berlutut, bersisihan dengan gambar Chadwick Boseman, 42.

Namun, bukan hanya Andrew McCutchen seorang yang sedang berduka.

Aktor terkenal Chadwick Boseman yang membintangi film "42" dan Black Panther, meninggal pada Jumat akibat kanker usus besar yang telah dideritanya sejak tahun 2016.

Aktingnya saat memerankan sosok legenda bisbol berkulit hitam, Jackie Robinson, dalam film “42” pada tahun 2013 mengawali karier sukses Boseman di dunia hiburan.

Yang paling mengharukan Chadwick Boseman mengembuskan napas terakhirnya bertepatan dengan perayaan Hari Jackie Robinson, yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 Agustus.

MLB biasanya menghormati hari Robinson itu setiap tanggal 15 April, tapi peringatan tahun ini digeser ke bulan Agustus karena pandemi Covid-19.

Namun, terlepas dari profesinya sebagai aktor besar, pribadi Boseman membuatnya menjadi favorit di kalangan atlet profesional dan penggemar.

Dan, dunia olahraga pun turut berduka atas kepergian Chadwick Boseman.

Perannya sebagai Jackie Robinson bukanlah satu-satunya penghubung Boseman dengan dunia olahraga.

Pada tahun 2018, dia membantu Victor Oladipo saat hendak tampil di Kontes Slam Dunk NBA dengan memasangkan topeng Black Panther pada bintang Indiana Pacers itu.

Boseman juga sempat ditunjuk menjadi juri kontes yang sama pada tahun 2020.

Namun, walaupun mengetahui dirinya mengidap kanker usus besar, sang aktor tidak pernah membagikan diagnosisnya tersebut kepada publik.

The Associated Press melaporkan bahwa menurut agensinya, Boseman meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles, bersama istri dan keluarga berada di sisinya.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh pihak keluarga Chadwick Boseman di Twitter, mereka mengungkapkan soal kecintaan sang aktor pada dunia acting.

Bahkan ketika semua proses syuting itu harus dilakukan Boseman di sela-sela perawatan kanker usus besarnya.

"Seorang pejuang sejati, Chadwick bertahan melalui itu semua, dan meninggalkan banyak film yang sangat Anda sukai.”

“Dari Marshall hingga Da 5 Bloods, Ma Raineys Black Bottom, August Wilson, dan beberapa lainnya – semua difilmkan selama dan di antara tak terhitung betapa banyak operasi dan kemoterapi.”

Dalam wawancara setelah "42" rilis pada 2013, Boseman ditanyai apa artinya memerankan Jackie Robinson dan apakah menurutnya film itu akan membuka mata dunia soal ketidakadilan rasial.

“Saya bangga memainkan Jackie Robinson,” kata Boseman, dikutip dari ESPN, saat itu.

"Saya merasa batasan (ras) itu pada akhirnya akan luruh. Dinding pembatas itu akan roboh. Saya senang bisa melanjutkan tradisi memperluas batasan itu.”

Karena, kata Chadwick Boseman, itu alasan pembuatan film “42”. “Anda harus menunjukkan penyakitnya atau menyingkapkan penyakitnya untuk menyingkirkannya."

MLB merilis pernyataan sesaat setelah kematian Chadwick Boseman, dan penghormatan dari dunia olahraga mengalir di media sosial sejak Jumat malam.

Ikuti Juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Entertainment Lainnya:

Legenda NBA Diabadikan sebagai Nama Jalan, 24 Agustus Menjadi Kobe Bryant Day

Petenis Naomi Osaka Berbagi Tip Gerakan Latihan Fisik yang Mudah Ditiru Penggemar di Rumah

Artikel Asli