Cabor Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Tetap Satu di PON Papua

Olahraga | skor.id | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:55
Cabor Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Tetap Satu di PON Papua
Cabang olahraga (cabor) binaraga telah memiliki induk organisasinya sendiri, yakni Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI).

PBFI secara resmi masuk menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setelah rapat kerja nasional (rakernas) KONI secara virtual yang berakhir Kamis (27/8/2020).

Untuk diketahui, binaraga sebelumnya bernaung di bawah Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI).

Namun kini PABBSI telah dipecah. Selain PBFI, terbentuk Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) dan Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi).

Meski telah memiliki induk organisasi masing-masing, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tahun depan, ketiga cabor tersebut masih tetap dianggap satu kesatuan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya, belum lama ini.

"Sesuai dengan aturan dari Federasi Angkat Besi Dunia (IWF) harus dipisahkan, tapi untuk PON di Papua masih satu cabor dan dibagi dalam sub cabor dan nomor," katanya.

“Kalau PON Papua, mereka (PABBSI) masih tetap satu, nanti di PON XXI (Aceh-Sumatra) barulah mereka berdiri sendiri," Kenius Kogoya menuturkan.

Sebelumnya, keputusan pemisahan juga telah disepakati dalam musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) PB PABBSI pada Desember 2019.

Tidak ada keberatan dari pengurus provinsi maupun pengurus setiap cabor.

Berdasarkan hasil Munaslub tersebut, ketiga cabang olahraga diberi waktu sekitar 11 bulan untuk menentukan nama baru serta membentuk struktur organisasi.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Olahraga Lainnya:

NOC Indonesia Berharap Mundurnya PM Jepang Tak Ganggu Persiapan Olimpiade Tokyo

Lifter Indonesia Mengalami Banyak Kemajuan Selama Pandemi Covid-19 

Artikel Asli