Piala Asia U-19 Terancam Ditunda, Piala Dunia U-20 di Indonesia Ikut Terdampak

Olahraga | skor.id | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:45
Piala Asia U-19 Terancam Ditunda, Piala Dunia U-20 di Indonesia Ikut Terdampak
Ketidakpastian jadwal Piala Asia U-19 2020 membuat turnamen Piala Dunia U-20 2021 bisa kena getahnya.

AFC selaku federasi sepak bola Asia mengisyaratkan bakal menunda gelaran Piala Asia U-19 2020.

Turnamen yang digelar di Uzbekistan pada Oktober mendatang masih dibayangi pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor Paul, mengungkapkan bahwa kondisi saat ini masih belum aman untuk menggelar turnamen sekelas Piala Asia U-19.

Beberapa agenda AFC yang rencananya dihelat tahun ini pun sudah dipastikan batal, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

 

"Permasalahan yang muncul akibat Covid-19 membuat kebebasan untuk berpindah dari satu negara ke negara lain dibatasi. Kami sedang membahas prioritas kompetisi yang harus dilanjutkan, kami akan menunggu hingga akhir bulan ini untuk membuat keputusan," ucap Windsor dilansir dari media Malaysia, Harian Metro.

"Kami memiliki lima turnamen yang berjalan tahun ini. Keputusan sulit harus dibuat karena kasus Covid-19 selalu berubah, mungin ketika mendekati waktu pelaksanaan turnamen situasinya membaik. Kondisinya belum pasti, jadi kami tunggu paling lambat hingga 31 Agustus," katanya.

Penundaan Piala Asia U-19 tak hanya berdampak pada program latihan yang telah disusun tim kontestan, termasuk timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 akan menggelar TC di Kroasia pada akhir bulan ini dan langsung bertolak ke Uzbekistan untuk mengikuti gelaran Piala Asia U-19.

Namun jika turnamen tersebut dibatalkan, timnas Indonesia U-19 kabarnya akan melanjutkan agenda TC ke Turki, Portugal, atau Spanyol.

Lebih dari itu, gelaran akbar yang akan dihelat di Indonesia tahun depan, Piala Dunia U-20 2021 juga bakal terdampak penundaan Piala Asia U-19.

Sejatinya, Piala Asia U-19 juga akan menjadi babak kualifikasi untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Empat tim semifinalis Piala Asia U-19 akan melenggang ke Piala Dunia U-20 mendampingi Indonesia yang lolos lewat jalur tuan rumah.

Jika timnas Indonesia yang lolos ke semifinal Piala Asia U-19, babak play-off akan digelar untuk menentukan slot kelima.

Tanpa Piala Asia U-19, wakil Asia di Piala Dunia U-20 belum bisa ditentukan.
Sekalipun waktunya ditunda, jadwal menuju turnamen sepak bola usia muda paling akbar sedunia itu akan makin mepet.

Piala Dunia U-20 rencananya akan digelar pada Mei hingga Juni 2021.

Misalnya Piala Asia U-19 dikebut pelaksanaannya pada Januari mendatang, dengan asumsi berakhir Februari, tim-tim kontestan hanya memiliki waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri tampil di Piala Dunia U-20.

Besar kemungkinan jika Piala Asia U-19 tahun ini ditunda, Piala Dunia U-20 juga akan diundur untuk memberi waktu persiapan yang ideal.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia. 

Berita Piala Dunia U-20 2021 Lainnya:

Untuk Piala Dunia U-20 2021, Ini Deadline Finis Renovasi Stadion Jakabaring

PSSI Tinjau Stadion Jakabaring untuk Piala Dunia U-20 2021, Ada yang Seng Melayang

Seto Nurdiyantoro Tak Sepakat dengan Naturalisasi Pemain Brasil untuk Piala Dunia U-20

Artikel Asli